MENYUSUN RANCANGAN
PENELITIAN
KUALITATIF DAN KUANTITATIF
ASPEK
|
KUANTITATIF
|
KUALITATIF
|
Kerangka pikir
|
Mengarahkan langkah-langkah metodologis sejak awal hingga
akhir
|
Arahan awal langkah-langkah metodologis selanjutnya
ditentukan di lapangan sesuai perkembangan
|
Hipotesis
|
Perlu hipotesis testing, merupakan kesimpulan dari
kerangka pikir
|
Tidak harus mengajukan hipotesis, kerangka piker berfungsi
sebagai pengantar ke lapangan
|
Teknik sampling
|
Asas random pada sample yang representatif
|
Tidak harus representatif terhadap populasi, melainkan
yang dapat memberikan informasi yang diperlukan
|
Sifat penyimpulan
|
Mengarah ke generalisasi sehingga sample harus
representatif
|
Tidak secara khusus diarahkan ke generalisasi
|
Jenis instrumen
|
Memperoleh data yang banyak dalam waktu singkat
|
Untuk indept indepth study peneliti adalah intrumen utama
|
Instrumen
|
Sudah dimantapkan sebelum dipakai dan digunakan dari awal
hingga akhir
|
Pedoman pengumpulan data yang dapat dikembangkan lebih
lanjut di lapangan
|
Jenis data
|
Terbesar merupakan angka atau yang akan diangkakan
|
Informasi verbal atau naratif, tidak direncanakan untuk
diangkakan
|
Teknik pengumpulan data
|
Memungkinkan memperoleh data banyak dalam waktu singkat
|
Memungkinkan memperoleh data yang detail dalam waktu lama
|
Teknik analisa
|
Dominan teknik statistika
|
Dominan teknik non-statistika
|
Sifat dasar
|
Deduktif
(belajar ke lapangan)
|
Induktif
(belajar dari lapangan)
|
PENYUSUNAN PROPOSAL DAN LAPORAN PENELITIAN
LANGKAH
|
SELF EVALUATION
|
Judul penelitian
|
- Apakah
judul sudah cukup singkat?
- Apakah
sudah cukup mudah dimengerti?
- Apakah
judul sudah mencerminkan inti masalah yang hendak diteliti?
- Apakah
judul penelitian perlu memuat tempat dan waktu penelitian
|
Latar Belakang Masalah
|
- Apa
alasan yang mendorong perlunya penelitian tentang masalah itu dilakukan?
- Apakah
dalam alas an itu telah dikemukakan hasil-hasil pengamatan tentang
masalah penelitian?
- Apakah
dalam alasan itu telah disuguhkan sedikit data empirik dari penelitian terdahulu
tentang adanya permasalahan itu?
- Apakah
dalam alasan telah dikemukakan perlunya meneliti masalah itu?
|
Rumusan masalah
|
- Apakah
yang hendak dijawab melalui penelitian?
- Apakah
rumusan masalah sudah cukup singkat?
- Apakah
sudah menunjukkan inti masalah yang hendak diteliti?
- Apakah
sudah tampak jenis-jenis variabel penelitiannya?
- Apakah
masalah itu researchable?
- Apakah
kira-kira data penelitian tersedia?
- Apakah
masalah itu cukup berharga untuk diteliti dalam arti terdapat manfaat
praktis dan teoretisnya?
- Apakah
masalah itu cukup menarik untuk diteliti? (aktual, _actual, dan
kontekstual)
|
Tujuan dan manfaat
|
- Apakah
tujuan penelitian telah menjawab seluruh masalah?
- Apakah
manfaat nyata dari penelitian?
- Adakah
manfaat teoretisnya?
- Adakah
manfaat praktisnya?
|
Tinjauan pustaka
|
- Apakah
sudah ada review pustaka yang relevan dengan masalah yang hendak
diteliti?
- Apakah
telah ditelaah pustaka yang memuat teori dasar yang berkaitan dengan
masalah yang hendak diteliti?
- Apakah
telah ditelaah hasil-hasil penelitian terdahulu yang mendorong perlunya
masalah penelitian diteliti?
- Apakah
telah ditunjukkan bahwa penelitian ini berbeda dalam aspek-aspek
tertentu dengan penelitian sejenis terdahulu?
|
Kerangka piker
(Bagaimana uraian jalan pemikiran peneliti dalam
menjawab masalah penelitian?)
|
Penelitian Kuantitatif
- Apakah
variabel penelitiannya telah disebutkan dan diberikan batasan pengertian
masing-masing?
- Apakah
sudah dijelaskan perbedaan hubungan antara berbagai variabel penelitian?
- Apakah
sudah memperhitungkan hukum, teori, atau data empiris dari penelitian
lain yang dapat mendasari hubungan yang diperlukan ada di antara
berbagai variabel itu?
- Apakah
sudah dikemukakan asumsi-asumsi yang mendasari perkiraan hubungan di
antara variabel tersebut?
- Apakah
sudah dipahami bahwa kerangka pikiran ini akan memberikan arahan
terhadap langkah metodologis yang akan dijalankan peneliti?
- Apakah
arahan yang dirumuskan dalam kerangka pikir harus diikuti sejak awal
hingga akhir?
Penelitian Kualitatif
- Tanpa
menekankan pada pengidentifikasian dan penamaan variabel-variabel
penelitian, apakah variabel-variabel itu sudah ada dalam kerangka
pikiran?
- Apkah
dalam kerangka pikir itu sudah tampak jelas sikap peneliti, bahwa apa
yang diuraikan itu masih bersifat sangat sementara dan belum pasti?
- Apakah
sudah memahami sejak awal, bahwa kerangka pikir itu hanya memberikan
arahan awal dari langkah-langkah metodologis yang akan diambil?
- Apakah
langkah-langkah metodologis akan ditetapkan di lapangan sesuai dengan perkembangan
pikiran yang terjadi di lapangan?
|
Hipotesis
|
Penelitian Kuantitatif
- Apakah
benar telah mencerminkan rumusan jawaban sementara terhadap
pertanyaan-pertanyaan penelitian?
- Apakah
penelitian ini termasuk yang memerlukan hipotesis? (Jadi misalnya bukan
termasuk jenis penelitian eksploratif)
- Apakah
rumusan hipotesis itu sudah merupakan kesimpulan atas apa yang terurai
dalam kerangka pikir?
- Apakah
hipotesis itu sudah spesifik dalam arti telah menunjukkan arah (positif
atau negatif) dan besarnya perbedaan/kuatnya hubungan yang diperkirakan
ada di antara variabel penelitian?
- Apakah
setiap variabel penelitian telah diberi batasan operasional dan
kejelasan ukuran-ukurannya?
Penelitian Kualitatif umumnya tidak harus ada hipotesis
|
Metodologi
(Bagaimana data dikumpulkan dan dinalisis?)
|
Penelitian Kuantitatif
- Apakah
telah disebutkan populasi dan sampel penelitian?
- Apakah
penentuan sampel sudah berasaskan random?
- Apakah
sudah dijelaskan cara penetapan sampel penelitian?
- Apakah
sudah disadari sejak awal bahwa sifat penyimpulan hasil penelitian
mengarah ke generalisasi?
- Apakah
sudah diuraikan rincian data dari setiap variabel yang akan dikumpulkan?
- Apakah
sudah dikemukakan sumber datanya?
- Apakah
sudah dikemukakan instrumen penelitiannya?
- Apakah
sudah disadari bahwa sebagian data yang dikumpulkan berupa angka atau
yang akan diangkakan?
- Apakah
sudah dikemukakan teknik pengumpulan data dengan menggunakan
instrumen-instrumen itu?
- Apakah
teknik pengumpulan data memungkinkan diperoleh data yang banyak dalam
waktu singkat?
- Apakah
sudah dikemukakan langkah-langkah validasi yang akan ditempuh?
- Apakah
sudah dikemukakan rancangan model analisis yang akan digunakan?
- Apakah
sudah dijelaskan mengapa menggunakan rancangan atau model itu?
- Apakah
disadari bahwa rancangan ini harus sudah mantap sebelum digunakan di
lapangan?
- Apakah
sudah disadari bahwa bila teknis analisis yang dominan dalam penelitian
adalah teknik statistika?
- Apakah
sudah disadari bahwa sifat dasar penelitian adalah deduktif?
Penelitian Kualitatif
- Apakah
uraian metodologi sudah cukup memberikan gambaran tentang prosedur umum
pengumpulan data?
- Apakah
penetapan responden/informan tidak dilandasi pemikiran bahwa
“responden/informan harus representatif dalam populasinya”, melainkan
mereka yang dapat memberikan informasi yang diperlukan?
- Apakah
disadari sejak awal bahwa sifat penelitian mengarah ke non-generalisasi?
- Apakah
instrumennya hanya merupakan pedoman pengumpulan data yang masih harus
dikembangkan di lapangan?
- Apakah
dengan informasi itu data yang diperoleh merupakan informasi verbal dan
tidak direncanakan diangkakan?
- Apakah
memungkinkan indepth study?
- Apakah
teknik analisis data menggunakan teknik non-statistika?
- Apakah
sifat dasar analisisnya adalah induktif?
|
Jadwal
|
Apakah sudah dijadwalkan
kegiatan-kegiatan berikut?
- Penyusunan
rencana penelitian
- Penyusunan
instrumen penelitian
- Penyiapan
ijin
- Penyiapan
lapangan
- Penetapan
sampel
- Pengumpulan
data
- Analisis
data
- Penyusunan
laporan
- Review
konsep dan finalisasi laporan
- Produksi
laporan
Apakah jumlah waktu seluruhnya sudah sesuai dengan
alokasi waktu yang tersedia bagian penelitian ini?
|
No comments:
Post a Comment