Wednesday, June 17, 2020

Manfaat dan Tujuan Perkuliahan Metode Studi Islam di Perguruan Tinggi Agama Islam

Perkuliahan Metode Studi Islam di Perguruan Tinggi Agama Islam

 

Metodologi Studi Islam merupakan mata kuliah  yang signifikan bagi pengembangan wawasan dan skill mahasiswa dalam konteks metodologis. Dalam mata kuliah  ini diberikan penekanan (stressing)  mengenai urgensi, potensi, dan peranan Islam sebagai suatu sistem kehidupan dan berbagai dimensi pendekatan dalam studi Islam serta aspek-aspek pemikiran Islam secara integral.

Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan dan wawasan mengenai urgensi studi Islam dan berbagai permasalahannya, kedudukan dan fungsi agama dalam kehidupan, dan pengkajian Islam dalam berbagai dimensi dan aspeknya secara optimal.

1.      Mahasiswa dapat mendeskripsikan urgensi studi Islam dan berbagai pendekatan dalam studi Islam secara multidimensional.

2.      Mahasiswa dapat memahami fungsi, unsur, dan tujuan agama dalam sistem kehidupan.

3.      Mahasiswa dapat menganalisis dan memberikan penjelasan tentang metode dan pendekatan dalam pengkajian Islam, potensi Islam dalam kehidupan dan dalam menjawab tantangan.

Mata Kuliah Metodologi Studi Islam (MSI) ini, mahasiswa akan diarahkan pada cara memahami Islam, baik Islam sebagai agama, budaya dan ilmu. Islam sebagai agama menjadi pandangan hidup, sedangkan sebagai budaya Islam jadi gejala sosial yang muncul sebagai jawaban kritis masyarakat. Selain itu, Islam sebagai ilmu sangat menarik untuk dikaji dengan berbagai pendekatan, metode dan kajian ilmiyah lainnya.

Hal ini tentu harus dipahami secara betul oleh para mahasiswa karena pendekatan dan metode yang digunakan dalam kajian Islam sangat beragam. Implikasi dari keragaman ini adalah adanya warna-warni dalam berislam yang dilakukan oleh pengikutnya. Oleh sebab itu, pemahaman terhadap keragaman pendekatan dan metode perlu dipelajari dengan baik.

Sebagaimana  dikemukakan  di  atas,  bahwa  secara  umum  studi  Islam bertujuan  untuk  menggali  kembali  dasar-dasar  dan  pokok-pokok  ajaran  Islam sebagaimana  yang  ada  dalam  sumber  dasarnya.  Dengan  tujuan  tersebut,  maka studi  Islam  akan  menggunakan  cara  pendekatan  yang  sekiranya  relevan,  yang lebih bersifat multidisiplin.

 


No comments: