PERBEDAAN PENDIDIKAN AGAMA
DAN UMUM
PENDIDIKAN ISLAM
1. Pendidikan Islam merupakan bagian yang
integral bagi masyarakat. Lembaga pendidikannya berkembang secara alami dari
masyarakat, memenuhi kebutuhan dan permintaan masyarakat.
2. Lembaga-lembaga pendidikan Islam
menempatkan moral dan latihan keagamaan pada tempat tertinggi di atas program
pendidikan mereka
3. Pendidikan Islam luwes dalam hal peserta
didik atau kelompok usia didik. Tanpa memandang usia, seseorang boleh mengikuti
kelas yang dia pilih dan pindah ke kelas yang lebih tinggi ketika ia merasa
bisa.
4. Dalam pendidikan Islam tidak ada ujian
umum. Siswa naik ke tingkat pendidikan yang dia kehendaki dan perkembangannya
diawasi dan dievaluasi secara dekat oleh guru
5. Pendidikan Islam memberikan kebebasan
kepada peserta didik untuk memilih jurusan
6. Lembagapendidikan slambercerminkan
kemanusiaan dan kesederhanaan masyarakatnya
7. Sistem pendidikan Islam berdasarkan pada
kedalaman hubungan personal. Pendidik merupakan sumber spiritual dan
pembimbing professional
8. Lembaga pendidikan Islam lebih mewarisi
budaya masyarakat
PENDIDIKAN UMUM
1. Pendidikan umumdalam bentuk sekolah diciptakan oleh pemerintah, dimana para
siswa dipaksa untuk mengikuti. Karenanya tidak menggambarkan aspirasi dan
kepentingan masyarakat.
2. Lembaga-lembaga pendidikan umum kebanyakan telah mengadopsi pandangan
sekuler yang lebih mementingkan pengembangan ilmu pengetahuan dengan melupakan
aspek-aspek pendidikan yang lebih penting yaitu akhlak dan budi pekerti
3. Dalam pendidikan umum, peserta didik diatur menurut usia dan jenjang
pendidikan, mulai dari paud, pendidikan dasar, menengah dan pendidikan tinggi
4. Pendidikan umum menerapkan sistem ujian. Untuk mengetahui hasil belajar dan
menentukan tingkat pendidikan, siswa harus menjalani ujian dalam waktu yang
sudah ditentukan
5. Pendidikan umummewajibkan peserta didik untuk merencanakan program
pendidikan secara seksama setiap saatnya
6. Lembaga pendidikan umum merupakan gambaran masyarakat industri Barat. Para
siswa diperlakukan seolah-olah mereka adalah objek produksi
7. Pada sistem pendidikan umum,fungsi guru lebih merupakan profesional,
dilihat dari keahlian (skill) ketimbang moral dan etika.
8. Pendidikan umum menjadi sebuah instrumen buatan, sering digunakan untuk
merubah masyarakat
Pendekatan pembelajaran dapat diartikan sebagai titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses
pembelajaran, yang merujuk pada pandangan tentang terjadinya suatu proses yang
sifatnya masih sangat umum, di dalamnya mewadahi, menginsiprasi, menguatkan,
dan melatari metode pembelajaran dengan cakupan teoretis tertentu. Dilihat dari
pendekatannya, pembelajaran terdapat dua jenis pendekatan, yaitu: (1) pendekatan
pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada siswa (student centered
approach) dan (2) pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau berpusat
pada guru (teacher centered approach).
No comments:
Post a Comment