Wednesday, June 17, 2020

PEBANDINGAN PENDIDIKAN : ANALISIS PERBEDAAN PENDIDIKAN AGAMA DAN UMUM

PERBEDAAN PENDIDIKAN AGAMA DAN UMUM

 

PENDIDIKAN ISLAM

1.      Pendidikan Islam merupakan bagian yang integral bagi masyarakat. Lembaga pendidikannya berkembang secara alami dari masyarakat, memenuhi kebutuhan dan permintaan masyarakat.

2.      Lembaga-lembaga pendidikan Islam menempatkan moral dan latihan keagamaan pada tempat tertinggi di atas program pendidikan mereka

3.      Pendidikan Islam luwes dalam hal peserta didik atau kelompok usia didik. Tanpa memandang usia, seseorang boleh mengikuti kelas yang dia pilih dan pindah ke kelas yang lebih tinggi ketika ia merasa bisa.

4.      Dalam pendidikan Islam tidak ada ujian umum. Siswa naik ke tingkat pendidikan yang dia kehendaki dan perkembangannya diawasi dan dievaluasi secara dekat oleh guru

5.      Pendidikan Islam memberikan kebebasan kepada peserta didik untuk memilih jurusan

6.      Lembagapendidikan slambercerminkan kemanusiaan dan kesederhanaan masyarakatnya

7.      Sistem pendidikan Islam berdasarkan pada kedalaman hubungan personal. Pendidik merupakan sumber spiritual dan pembimbing professional

8.      Lembaga pendidikan Islam lebih mewarisi budaya masyarakat

 

PENDIDIKAN UMUM

1.      Pendidikan umumdalam bentuk sekolah diciptakan oleh pemerintah, dimana para siswa dipaksa untuk mengikuti. Karenanya tidak menggambarkan aspirasi dan kepentingan masyarakat.

2.      Lembaga-lembaga pendidikan umum kebanyakan telah mengadopsi pandangan sekuler yang lebih mementingkan pengembangan ilmu pengetahuan dengan melupakan aspek-aspek pendidikan yang lebih penting yaitu akhlak dan budi pekerti

3.      Dalam pendidikan umum, peserta didik diatur menurut usia dan jenjang pendidikan, mulai dari paud, pendidikan dasar, menengah dan pendidikan tinggi

4.      Pendidikan umum menerapkan sistem ujian. Untuk mengetahui hasil belajar dan menentukan tingkat pendidikan, siswa harus menjalani ujian dalam waktu yang sudah ditentukan

5.      Pendidikan umummewajibkan peserta didik untuk merencanakan program pendidikan secara seksama setiap saatnya

6.      Lembaga pendidikan umum merupakan gambaran masyarakat industri Barat. Para siswa diperlakukan seolah-olah mereka adalah objek produksi

7.      Pada sistem pendidikan umum,fungsi guru lebih merupakan profesional, dilihat dari keahlian (skill) ketimbang moral dan etika.

8.      Pendidikan umum menjadi sebuah instrumen buatan, sering digunakan untuk merubah masyarakat

 

Pendekatan pembelajaran dapat diartikan sebagai titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran, yang merujuk pada pandangan tentang terjadinya suatu proses yang sifatnya masih sangat umum, di dalamnya mewadahi, menginsiprasi, menguatkan, dan melatari metode pembelajaran dengan cakupan teoretis tertentu. Dilihat dari pendekatannya, pembelajaran terdapat dua jenis pendekatan, yaitu: (1) pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada siswa (student centered approach) dan (2) pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada guru (teacher centered approach).

 

 


No comments: