BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Usaha
meningkatkan kwalitas mahasiswa Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo untuk memahami mengenai pengelolaan sekolah
yang meliputi, struktur oerganisasi sekolah, kantor sekolah, kepegawaian,
keuangan, sarana dan pra sarana, kesisiwaan, kurikulum dan pengajaran,
penyelenggaraan BP, serta huungan masyarakat.
Dengan adanya
laporan ini, diharapkan mahasiswa mampu
memahami komponen-komponen
pendidikan yang ada disekolah, komponen-komponen pendidikan tyang ada disekolah
dan pendayagunakan semua sarana
prasarana yang ada disekolah untuk menunjang pelaksanaan kegiatan pendidikan.
Sehingga menjadi calon pendidik yang mampu berkompetisi dalam perkembengan
dunia pendidikan dalam menghadapi perkembangan zaman.
B. Tujuan latihan mengenal pengelolaan sekolah
Tujuan latihan mengenal pengelolaan sekolah, agar mahasiswa mampu untuk:
1. Memahami komponen-komponen pendidikan yang
ada disekolah
2. Mengelola komponen-komponen pendidikan
tyang ada disekolah
3. Mendayagunakan semua sarana prasarana yang
ada disekolah untuk menunjang pelaksanaan kegiatan pendidikan
C.
Metode Pengumpulan data
Dalam proses penyusunan laporan
pengelolaan sekolah ini penyusun menggunakan metode sebagai berikut:
1. Dokumentasi
Metode ini dipergunakan untuk
memperoleh data-data yang didasarkan pada dokumen-dokumen dan arsip-arsip yang
ada disekolah.
2. Observasi
Melakukan pengamatan secara langsung dan
melakukan pencatatan secara sistematis
data-data yang berhubungan dengan pengelolaan sekolah
3. Interview
Cara pengumpulan data-data yang
akurat dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan (interview) kepada masing-masing
urusan sesuai dengan tugasnya.
D.
Sitematika Pembahasan
Lapoaran pengelolaan sekolah ini dilakukan di SMA Negeri 2 Sidoarjo. Adapun
pengumpulan data-datanya menggunakan beberapa teknik pengumpulan data seperti
yang tersebut diatas. Dan sistematika pembehasannya sebagai berikut:
BAB I :
PENDAHULUAN
Latar belakang, tujuan, teknik pengumpulan data
dan sistematika pembahasan.
BAB II :
PEMBAHASAN
Organisasi sekolah, Meliputi: Struktur
organisasi, Tugas dan peran setiap komponen dalam
struktur. Kantor sekolah (Tata Usaha)
meliputi: Struktur organisasi kantor sekolah, Tugas dan peran
setiap komponen dalam struktur kantor sekolah. Personalia (Kepegawaian) Nama,
pendidikan dan tugas personal : kepala sekolah, wakil kepala sekolah, konselor,
guru, karyawan, Syarat penerimaan/kenaikan pangkat, Cara pengusulan guru/karyawan, Pembagian tugas
darurat jika guru/karyawan berhalangan hadir, Kesejahteraan
pegawai. Keuangan meliputi:Prosedur penerimaan gaji, Cara memperoleh bantuan, Sumber-sumber dana, Pengelolaan SPP. Sarana dan Prasana Sekolah
melipiti: Denah sekolah, Fasilitas/inventaris sekolah, Prosedur pengadaan barang, Prosedur pemeliharaan barang. Kesiswaan meliputi: Syarat
penerimaan siswa baru, Jumlah
seluruh siswa dan setiap kelas menurut jenis kelamin, Prosedur penilaian ujian dan kenaikan
kelas, Prosedur, Struktur organisasi siswa intra sekolah. Kurikulum dan pengajaran
meliputi: Tujuan institusional (Visi
dan Misi Sekolah), Tujuan
kurikuler, Organisasi
penyelenggaraan ekstra kurikuler, Partisipasi
sekolah dalam ekstra kurikuler. Penyelenggaraan
bimbingan dan konseling meliputi: Struktur organisasi BP,
Tugas dan peran masing-masing personal, Program BP dan masing-masing karier. Hubungan masyarakat meliputi: Cara hubungan dengan wali murid/masyarakat, Fungsi komite sekolah, Bentuk partisipasi sekolah ke masyarakat, Struktur organisasi komite
sekolah. Pelayanan khusus
meliputi: Perpustakaan, UKS, Pramuka, dst.
BAB III :
PENUTUP
Kesimpulan dan Saran
BAB II
PEMBAHASAN
PENGELOLAAN SEKOLAH
A. ORGANISASI SEKOLAH SMA NEGERI 2 SIDOARJO
1. Tugas dan peran setiap komponen dalam
Struktur
Tugas dan peranan setiap komponen dalam struktur organisasi sekolah
a. Kepala Sekolah
Kepala sekolah berfungsi dan bertugas sebagai educator, manajer,
administrator dan supervisor.
1)
Kepala sekolah selaku educator
Kepala sekolah selaku educator bertugas melaksanakan proses belajar
mengajar secara efektif dan efisien
2)
Kepala sekolah selaku manajer mempunyai tugas :
1.
Menyusun perencanaan
2.
Mengorganisasikan kegiatan
3.
Mengarahkan kegiatan
4.
Mengkoordinasikan kegiatan
5.
Melaksanakan pengawasan
6.
Melakukan evaluasi terhadap kegiatan
7.
Menentukan kebijaksanaan
8.
Mengadakan rapat
9.
Mengambil keputusan
10. Mengatur
proses belajar mengajar
11. Mengatur
administrasi :
-
Ketatausahaan
-
Siswa
-
Ketenangan
-
Sarana dan prasarana
-
Keuangan / RAPBS
12. Mengatur
organisasi siswa intra sekolah (OSIS)
13. Mengatur
hubungan sekolah dengan masyarakat dan instansi terkait
3)
Kepala sekolah selaku administrator bertugas
menyelenggarakan administrasi
1.
Perencanaan
2.
Pengorganisasia
3.
Pengarahan
4.
Pengkoordinasian
5.
Pengawasan
6.
Kurikulum
7.
Kesiswaan
8.
Ketatausahaan
9.
Ketenagaan
10. Kantor
11. Keuangan
12. Perpustakaan
13. Laboratorium
14. Ruang
keterampilan/kesenian
15. Bimbingan
konseling
16. UKS
17. OSIS
18. Gedung
serbaguna
19. Media
20. Gudang
21. 7
K
4)
Kepala sekolah selaku supervisor bertugas
menyelenggarakan supervise mengenai :
1.
Proses belajar mengajar
2.
Kegiatan bimbingan dan konseling
3.
Kegiatan ekstrakurikuler
4.
Kegiatan ketatausahaan
5.
Kegiatan kerjasama dengan masyarakat dan instansi
terkait
6.
Sarana dan prasarana
7.
Kegiatan OSIS
8.
Kegiatan 7 K
Dalam melaksanakan tugasnya, kepala sekolah dapat mendelegasikan kepada
wakil kepala sekolah.
b. Wakil Kepala sekolah
Wakil kepala sekolah pada SMP Negeri 1 Sidoarjo 1 (satu) orang, wakil
kepala sekolah membantu kepala sekolah dalam kegiatan-kegiatan sebagai berikut
:
1)
Menyusun perencanaan, membuat program kegiatan dan
pelaksanaan program
2)
Pengorganisasian
3)
Pengarahan
4)
Ketenagaan
5)
PengkoordinasianPengawasan
6)
Penilaian
7)
Identifikasi dan pengumpulan data
8)
penyusunan laporan
c. Kurikulum
1)
Menyusun dan menjabarkan kalender pendidikan
2)
Menyusun pemagian tugas guru dan jadwal pelajaran
3)
Mengatur penyusunan program pengajaran (program
semester, program satuan pembelajaran, dan persiapan mengajar, penjabaran dan
penyesuaian kurikulum)
4)
Mengatur pelaksanaan
kegiatan kurikuler dan ekstra kurikuler
5)
Mengatur pelaksanaan program perbaikan dan pengajaran
6)
Mengatur pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar
7)
Mengatur pengembangan MGMP dan coordinator mata
pelajaran
8)
Mengatur mutasi siswa
9)
Melakukan supervise administrasi dan akademis
10) menyusun
laporan
d. Kesiswaan
1)
Mengatur program dan pelaksanaan bimbingan dan
konseling
2)
Mengatur dan mengkoordinasikan pelaksanaan 7 K
3)
Mengatur dan membina program kegiatan OSIS meliputi :
ü
Pramuka
|
ü
UKS
|
ü
PMR
|
ü
PKS
|
ü
KIR
|
|
1.
Mengatur program pesantren kilat
2.
Menyusun dan mengatur pelaksanaan pemilihan siswa
teladan sekolah
3.
Menyelenggarakan cerdas cermat, olah raga prestasi
4.
Menyeleksi calaon untuk di usulkan mendapatkan beasiswa
e. Sarana Prasarana
1)
Merencanakan kebutuhan sarana prsarana untuk menunjang
proses belajar mengajar
2)
Merencanakan program pengadaan barang
3)
Mengatur pemanfaatan sarana prasarana
4)
Mengelola perawatan, perbaikan dan pengisian
5)
Mengatur pembukuannya
6)
menyusun laporan
f.
Hubungan
dengan masyarakat (Humas)
1.
Mengatur dan mengembangkan hubungan dengan komite
sekolah dan peran komite sekolah
2.
Menyelenggarakan bakti sosial dan karyawisata
3.
Menyelenggarakan pameran hasil pendidikan di sekolah
(Gebyar Pendidikan)
4.
Menyusun laporan
g. Guru Mata Pelajaran
Guru bertanggung jawab kepada kepala sekolah dan mempunyai tugas
melaksanakan kegiatan proses belajar mengajar secara efektif dan efisien.
Tugas dan bertanggung jawab seorang guru meliputi :
1.
Membuat Perangkat Program Pembelajaran
ü
AMP
ü
Program Tahunan
ü
Program Semester
ü
Program Satuan Pembelajaran
ü
Program Rencana Pembelajaran
ü
Program Mingguan Guru
ü
LKS
2.
Melaksanakan kegiatan pembelajaran
3.
Melaksanakan kegiatan penilaian proses belajar, ulangan
harian, ulangan umum dan ujian akhir
4.
Melaksanakan analisis hasil ulangan harian
5.
Menyusun dan melaksanakan program perbaikan dan
pengayaan
6.
Mengisi daftar nilai siswa
7.
Melaksanakan kegiatan membimbing (pengimbasan
pengetahuan) kepada guru lain dalam kegiatan proses penbelajaran
8.
Membuat alat pelajaran/alat peraga
9.
Menumbuh kembangkan sikap menghargai karya seni
10. Mengikuti
kegiatan pengembangan dan pemasyarakatan kurikulum
11. Melaksakan
tugas tertentu di sekolah
12. Mengadakan
pengembangan program pembelajaran yang menjadi tanggungjawabnya.
13. Membuat
catatan tentang kemajuan hasil belajar siswa
14. Mengisi
dan meneliti daftar hadir siswa sebelum memulai pelajaran
15. Mengatur
kebersihan ruang kelas dan ruang pratikum
16. Mengumpulkan
dan menghitung angka kredit untuk kenaikan pangkatnya
B. TATA USAHA
1. Tugas dan peran dalam struktur Tata Usaha
(TU)
Adapun tugar dan pern setiap komponen adalah:
a.
Kepala Tata Usaha
1)
Sebagai administrasi secara keseluruhan
2)
Keuangan sekolah
3)
Staf tata usaha dan keryawan
b.
Bagian administrasi keuangan
1)
Menerima dan menyetorkam SPP
2)
Membagikan THR guru dan karyawan
3)
Membuat laporan keuangan
c.
Bagian computer
1)
Komputerisasi
2)
Menjaga sekaligus merawat computer
3)
Laboratorium
d.
Bagian administrasi umum
1)
Manulis agenda surat
masuk dan keluar
2)
Ekspedisi
3)
Kearsipan
e.
Bagian kepustakaan
1)
Administrasi kepurtakaan secara utuh
2)
Pengadaan dan pemeliharaan buku.
3)
Mengatur proses peminaman dan pengembalian
f.
Bagian koprasi
1)
Administrasi koprasi secara utuh
2)
Pengadaan penetaan dan penjualan barang
3)
Membuat laporan harian dan neraca keuangan koprasi
C. PERSONALIA (KEPEGAWAIAN)
Untuk mengendalikan semua kegiatan yang ada di SMA Negeri 2 Sidoarjo
diperlukan peran personal dalam setiap kompetensinya, sepeti pembagian peran
dan tugas setiap personal berikut ini:
Tabel: 2.1.
Daftar nama-nama pegawai dan jabatanya
1. Daftar nama guru/pegawai dan jabatannya
No
|
Nama
|
Jabatan
|
Mapel
|
Pend. Akhir
|
1
|
Dra Titik Sunarni,
M.Pd
|
Kepsek
|
Matematika
|
S-2
|
2
|
Drs Priyono M.Pd
|
Guru
|
Biologi
|
S-1
|
2
|
Drs Priyono M.Pd
|
Guru
|
Biologi
|
S-1
|
3
|
Drs M. Agus Salim
|
Guru
|
Mat
|
S-1
|
4
|
Dra Sri Indrayati
|
Guru
|
BP
|
S-1
|
5
|
Munawar S.Pd
|
Guru
|
B.Ind
|
S-1
|
6
|
Dra Rahayu Setyowati
|
Guru
|
BP
|
S-1
|
7
|
Suharno S.Pd
|
Guru
|
Ekonomi
|
S-1
|
8
|
Dra Oemiyati
|
Guru
|
Sejarah
|
S-1
|
9
|
Dra Tuti Indrawati
|
Guru
|
B.Ind
|
S-1
|
10
|
Drs Suprapklison
|
Guru
|
B.Jerman
|
S-1
|
11
|
Dra Burhanuddin
|
Guru
|
Pen Agama
|
S-1
|
12
|
Drs Broto Wiyono
|
Guru
|
Mat
|
S-1
|
13
|
Abdul Wajib S.Pd
|
Guru
|
PMP
|
S-1
|
14
|
Drs Indarmoyo
|
Guru
|
Pen OR
|
S-1
|
15
|
Dra Darwani
|
Guru
|
B.Ind
|
S-1
|
16
|
Sunarsiventy W SPd
|
Guru
|
Biologi
|
S-1
|
17
|
Kurnia Hafsah S.Pd
|
Guru
|
Kimia
|
S-1
|
18
|
Ahmad Muyasir
|
Guru
|
Sejarah
|
S-1
|
19
|
Winingastuti SPd
|
Guru
|
Ekonomi
|
S-1
|
20
|
Dwi Harleni
|
Guru
|
Ekonomi
|
S-1
|
21
|
Dra Bambang
Sumaryono
|
Guru
|
Fisika
|
S-1
|
22
|
Sudjati S Pd
|
Guru
|
PMP
|
S-1
|
23
|
Sri Widayati
|
Guru
|
Kimia
|
S-1
|
24
|
Ulin Mahdiati
|
Guru
|
Pend OR
|
S-1
|
25
|
Abdul Ghoni S.Pd
|
Guru
|
Fisika
|
S-1
|
26
|
Dra Ariyanti
Jauhartina
|
Guru
|
Fisika
|
S-1
|
27
|
Ermina Purwanti BA
|
Guru
|
Pen Agama
|
S-1
|
28
|
Soesetyo
|
Guru
|
Biologi
|
S-1
|
29
|
Sukrisno
|
Guru
|
B Inggris
|
S-1
|
30
|
Candrawati
|
Guru
|
B Inggris
|
S-1
|
31
|
Dwi Elly Susiana SPd
|
Guru
|
Geografi
|
S-1
|
32
|
Diduk hari Susanto
S.Pd
|
Guru
|
Matematik
|
S-1
|
33
|
Dwi Arnaeni S Pd
|
Guru
|
Seni Rupa
|
S-1
|
34
|
Drs Abdul Rochim
Latif
|
Guru
|
BP
|
S-1
|
35
|
Betty Indriana
S SPd
|
Guru
|
Kimia
|
S-1
|
36
|
Erna Relawati S Pd
|
Guru
|
Ekonomi
|
S-1
|
37
|
Drs. Sugiarto
|
Guru
|
Geografi
|
S-1
|
38
|
Drs Amirul
|
Guru
|
Biologi
|
S-1
|
39
|
Dra Uswatun Chasanah
|
Guru
|
BP
|
S-1
|
40
|
Ida Tisrina, S.Pd.
|
Guru
|
Bahasa Inggris
|
S-1
|
41
|
Drs. Armuji
|
Guru
|
Matematika
|
S-1
|
42
|
Sitie Romlah
|
Guru
|
Bahasa Jepang
|
S-1
|
43
|
In Sulis
Setianingsih
|
Guru
|
Seni Rupa
|
S-1
|
44
|
Drs. Agus Wahyudi
|
Guru
|
TI
|
S-1
|
45
|
Imam Hudiono, S.Pd.
|
Guru
|
Bhs. Inggris
|
S-1
|
46
|
Sri Hartini
|
Guru
|
Sosiologi
|
S-1
|
47
|
Ririn Faridah SPD
|
Guru
|
Matematik
|
S-1
|
48
|
Dhanu Siswanto
|
Guru
|
TI
|
S-1
|
49
|
Siti Masfufah
|
Guru
|
Bahasa Inggris
|
S-1
|
50
|
Drs. Immanuel HS
|
Guru
|
Agama Katolik
|
S-1
|
51
|
Drs. FX Sugiarto
|
Guru
|
Agama Kristen
|
S-1
|
2. Syarat penerimaan karyawan dan kenaikan
jabatan
a.
Mengenai hal ini adapun syarat-syaratnya sebagai
berikut:
1)
Syarat penerimaan pagawai
Ø
Mengajukan surat
lamaran sesuai dengan ijazah dan kemampuanya
Ø
Lulus seleksi dan ujian yang diberikan sekolah
Ø
Sehat jasmani dan rohani
Ø
Memiliki pengelaman belajar dan mengajar
Ø
Berakhlakul karimah
2)
Syarat pengangkatan pegawai
Ø
Meiliki loyalitas terhadap sekolah
Ø
Memiliki kedisiplinan yang tinggi
Ø
Aktif dan kreatif
b.
Cara pengusulan pegawai
Dalam hal ini sekolah telah mengupayakan pengusulan pegawai melalui
pemeritah dan pihak sekolah punya wewenang untuk menerima dan menolak sesuai
dengan criteria yang ditetapkan
c.
Pembagian tugas darurat jika ada karyawan/guru yang
berhalangan hadir
Jika guru yang berdangkutan brhalangan hadir dalam jangka waktu yang
pendek bisa digantikan oleh guru piket atau dikordinasikan sama guru-guru yang
ada supaya digantikan
d.
Usaha kesehjahtraan pegawai
Di SMA Negeri 2 Sidoarjo kesehjahtraan guru sangat
diperhatikan, diantaranya:
D. KEUANGAN
1. Prosedur Penerimaam gaji
SMA Negeri 2 Sidoarjo dalam hal penerimaan gaji yaitu gaji diberikan
setiap bulan. Dan bedasarkan ketetapan-ketetapan yang ada. Dan gaji diterima
dari PEMKAB disaliukan melalui dinas pendididkan, dari dinas pendidikan
disarlukan melalui bank yang telah ditunjuk.
2. Cara memperoleh bantuan
Membuat perencanaan pengadaan bantuan yang telah dilegalitas kepala
sekolah, untuk diserahkan kepada DIKNAS. Kemudian diajukan ketingkat propinsi
sebagai bentuk persetujuan dalam menerima bantuan.
3. Sumber-sumber dana
Sebagai bentuk efesiensi oprasional, SMA Negeri 2 Sidoarjo membutuhkan
biaya untuk memperlancar dan meningkatkan mutu proses belajar mengajar.
Adapaunsumber-sumber dana tersebut adalah sebagai berikut:
Tabel: 2.2.
Sumber-sumber dana
No
|
Jenis Sumber Dana
|
Sumber Dana
|
Waktu
|
Keterangan
|
1.
2.
3.
4.
|
Dana Rutin
Komite Rutin
Komite
Insidental
BOMM
|
Pemerintah
Wali murid
Wali murid
Pemerintah
|
Januari – Des
Juli - Juni
Sep - Juni
Agustus - Juli
|
|
4. Pengelolaan Keuangan/SPP
Membiayai oprasional sekolah, meliputi : pengadaan
ATK, peningkatan mutu guru, MGMP, penataran, menikiti pelatihan. Dan
pemeliharaan sekolah, menunjang pengadaan buku-buku perpustakaan serta buku
pegangan guru.
E. SARANA DAN PRASARANA SEKOLAH
1. Inventaris sekolah
Tabel: 2.4.
Penelolaan inventaris sekolah
No.
|
Jenis Bangunan
|
Jumlah
|
Ket. Baik, Rusak
|
1
|
Ruang Kantor
|
1
|
Baik
|
2
|
Ruang Kepala Sekolah
|
1
|
Baik
|
3
|
Ruang Wakil
Kepala Sekolah
|
1
|
Baik
|
4
|
Ruang Guru
|
1
|
Baik
|
5
|
Ruang Kelas
|
17
|
Baik
|
6
|
Ruang Lab
Kimia, Biologi, Bahasa
|
3
|
Baik
|
7
|
Ruang Komputer
|
1
|
Baik
|
8
|
Ruang BP/BK
|
1
|
Baik
|
9
|
Ruang
Multimedia
|
1
|
Baik
|
10
|
Ruang Osis
|
1
|
Baik
|
11
|
Ruang UKS
|
1
|
Baik
|
12
|
Ruang
Perpustakaan
|
1
|
Baik
|
13
|
Musollah
|
1
|
Baik
|
14
|
Ruang Kantin
|
1
|
Baik
|
15
|
Rumah Penjaga
|
1
|
Baik
|
3. Prosedur pengadaan fasilitas/inventaris
sekolah
Prosedur pengadaan fasilitas/inventaris sekolah diatur
oleh undang-undang dan peraturan pemerintah daerah sidoarjo sebagaimana pasal
pasal berikut :
Pasal 6
1.
Pelaksanaan pengadaan barang daerah dan jasa untuk
anggaran belanja rutin dan belanja pembangunan dilakukan oleh panitia
pengadaan/pekerjaan daerah(P3D)yang dibentuk dengan keputusan daerah.
2.
Kepala daerah dapat menetapkan kebijakan tentang
pengadaan / pekerjaan unit untuk hal yang bersifat khusus melalui panitia
pengadaan / pekerjaan unit ( (P3U) dan untuk anggaran pembangunan oleh pemimpin
proyek.
3.
Panitia mengadaan/pekerjaan sebagaimana dimaksud pada
ayat (1) dan (2) bertugas menyelenggaraan proses pengadaan dan mengusulkan
calon pemenang kepada kepala daerah/kepala unit, sesuai dengan peraturan
perundang-undangan yang berlaku.
Pasal 7
1.
Susunan panitia pengadaan/pekerjaan daerah (P3D)
sebagaimana tercantum dalam lampiran keputusan ini.
2.
Susunan panitia pengadaan/pekerjaan unit (P3U)
sebagaimana tercantum dalam lampiran keputusan ini.
Pasal 8
1.
Kepala unit bertanggung jawab untuk membuat daftar
hasil pengadaan barang dalam lingkungan wewenangnya dan wajib melaporkan/menyampaikan
daftar hasil pengadaan barang tersebut kepada kepala daerah dalam hal ini biro
kelengkapan/bagian perlengkapan setiap 6 bulan.
2.
Kepala biro perlengkapan/kepala bagian perlengkapan
bertanggung jawab untuk membuat daftar hasil pengadaan barang daerah yang
merupakan komplikasi realisasi pengadaan dalam satu tahun anggaran sebagaimana
dimaksud pada ayat 1 dan merupakan lampiran perhitungan APBD tahun
bersangkutan.
Pasal 9
1.
Penerimaan barang yang berasal dari pihak ketiga berupa
hibah, bantuan dan sumbangan kepada pemerintah daerah diserahkan kepada kepala
daerah dalam hal ini kepala biro perlengkapan dan harus dituangkan dalam berita
acara serah terima.
2.
Penerimaan barang
4. Prosedur pemeliharaan barang
Prosedur pemeliharaan fasilitas/inventaris sekolah
diatur oleh undang-undang dan peraturan pemerintah daerah sidoarjo sebagaimana
pasal-pasal berikut :
Pasal 15
Kepala Biro Perlengkapan/Kepala Bagian Perlengkapan mengkoordinir dan
bertanggung jawab atas pemeliharaan dan bertanggung jawab atas pemeliharaan
barang daerah.
Pasal 16
(1)
Pelaksanaan pemeliharaan barang daerah sebagaimana
dimaksud dalam pasal 15 dilakukan oleh Kepala Biro Perlengkapan/Kepala Bagian
Perlengkapan/Kepala Unit
(2)
Pelaksanaan pemeliharaan barang sebagaimana dimaksud
pada ayat (1) berpedoman pada Daftar Kebutuhan Pemeliharaan Barang Daerah
(DKPBD)
Pasal 17
(1)
Kepala Unit bertanggung jawab untuk membuat daftar
hasil pemeliharaan barang dalam lingkungan wewenangnya dan wajib
melaporkan/menyampaikan daftar hasil pemeliharaan, barang tersebut kepada
Kepala Daerah dalam hal ini kepala Biro Perlengkapan/Kepala Bagian Perlengkapan
setiap 6 (enam) bulan
(2) Kepala
Biro Perlengkapan/Kepala Bagian Perlengkapan meneliti laporan dan menyusun
Daftar 1 (satu) tahun anggaran sebagai lampiran perhitungan anggaran bulan yang
bersangkutan
F. KESISWAAN
1. Prosedur penerimaan siswa
Prosedur penerimaam siswa, telah ditetapakan melalui “SURAT KEPUTUSAN KEPALA SMA NEGERI 2 SIDOARJO.
Nomer: 422/ 668 /404.13.1.02/2009 yang berisikan
tentang:
1. Pembentukan Panitia Pelaksana Penerimaan
Siswa Baru Di SMA Negeri 2
Sidoarjo Tahun Pelajaran 2009/2010
2. Susunan Panitia Pelaksana Penerimaan Siswa Baru Di SMA Negeri 2 SidoarjoTahun Pelajaran 2009/2010
3. Uraian
Tugas Panitia Pelaksana
a.
Merencanakan Kegiatan PSB dan Sosialisasi
b.
Melaksanakan entry data Pendaftaran;
c.
Mengelola Data PSB;
d.
Melaporkan
jumlah pendaftar setiap hari;
e.
Melaksanakan
Daftar Ulang;
f.
Menjaga
keamanan dan ketertiban PSB;
g.
Melaporkan
hasil pelaksanaan PSB ke Panitia PSB Kabupaten Sidoarjo.
h.
Melaksanakan
pendaftaran penerimaan siswa baru Tahun Pelajaran 2009/2010
4.
Daftar
Nama Pengawas Seleksi / Test Tulis
5.
Program
Pelaksanaan Penerimaan Siswa Baru, dengan persyaratan:
a. Calon siswa baru mendaftarkan diri (daftar
seleksi)
b. Siswa punya surat keterangan lulus SMP
atau MTs
c. Menyerahkan foto 4 x 6 (2 lembar)
d. Mengikuti seleksi (ujian tulis)
e. Melakuakan daftar ulang bagi siswa yang
diterima
2.
Jumlah siswa dan setiap kelas menurut
jenis kelamin
Tabel: 2.5.
Nama-nama siswa
siswi
No
|
Kelas
|
Laki-laki
|
Perempuan
|
Jumlah
|
1
|
I.1
|
9
|
26
|
35
|
2
|
I.2
|
10
|
26
|
36
|
3
|
I.3
|
18
|
17
|
35
|
4
|
I.4
|
19
|
16
|
35
|
5
|
I.5
|
11
|
23
|
34
|
|
Jumlah :
|
67
|
108
|
175
|
1
|
II.IPA.1
|
16
|
13
|
34
|
2
|
II IPA.2
|
19
|
15
|
34
|
3
|
II.IPA.3
|
21
|
13
|
34
|
4
|
II.IPS.1
|
14
|
18
|
27
|
5
|
II.IPS.2
|
15
|
9
|
24
|
6
|
II.IPS.3
|
14
|
10
|
24
|
|
Jumlah
|
99
|
88
|
177
|
1
|
III.IPA.1
|
17
|
22
|
39
|
2
|
III IPA.2
|
14
|
24
|
38
|
3
|
III.IPA.3
|
18
|
21
|
39
|
4.
|
III.IPS 1
|
19
|
13
|
32
|
5
|
III IPS.2
|
20
|
16
|
36
|
6
|
III.IPS.3
|
15
|
10
|
25
|
Jumlah
|
103
|
106
|
209
|
Total
|
269
|
292
|
561
|
3.
Prosedur penilaian ujian dan kenaikan
kelas
Kriteria Kenaikan Kelas
Peserta didik dinyatakan naik kelas apabila memenuhi
syarat sebagai berikut :
a.
Menyelesaikan seluruh program pembelajaran semester
satu dan dua di kelas yg diikuti.
b.
Nilai semester satu harus tuntas semua, sama dengan
atau lebih besar dari KKM.
c.
Terdapat nilai di bawah KKM maksimal 3 mata pelajaran
pada semester dua
d.
Memiliki nilai minimal baik untuk aspek sikap ( afektif
)
e.
Kehadiran
minimal 90 % dari jumlah hari efektif
G.
KURIKULUM DAN PENGAJARAN
1. Tujuan Institusional
Visi dan Misi SMA Negeri 2 Sidoarjo
a.
Visi Sekolah
UNGGUL DALAM MUTU, MULIA DALAM PERILAKU
Indikator Visi :
-
Peserta didik yang unggul dalam berkompetisi, cerdas,
dan berprestasi
-
Warga sekolah yang bisa diteladani dalam setiap
perilaku
b.
Misi Sekolah
-
Meningkatkan iman dan takwa, sehingga terbentuk warga
sekolah
-
Meningkatkan sikap tertib dan disiplin pada seluruh
warga sekolah
-
Memperbaiki pelaksanaan manajemen pendidikan berbasis
sekolah
-
Membangun kultur dan karakter yang berkepribadian
-
Meningkatkan kompetensi berbahasa inggris
-
Berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa
dan bernegara
2. Tujuan Kurikuler
VISI
a.
Meningkatkan kualitas peserta didik sehingga
menghasilkan peserta didik yang berkemampuan dan berketrampilan tinggi serta
memiliki wawasan yang luas yang mampu menghadapi era globalisasi.
b.
Meningkatkan mutu para tenaga pendidikan sehingga
menjadi tenaga yang professional sesuai dengan perkembangan zaman.
c.
Merumuskan program wajib belajar 9 tahun sehingga
kesejahteraan masyarakat meningkat dan dapat mengentaskan kemiskinan.
d.
Menghasilkan lulusan yang baik, sehingga dapat
melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi kesekolah sekolah yang favorit.
MISI
a.
Mampu memberi bekal kemampuan dasar yang bermanfaat
bagi peserta didik untuk mengembangkan kehidupannya sebagai pribadi anggota
masyarakat dan warga Negara sesuai dengan tingkat perkembanganserta
mempersiapkan pendidikan menengah.
b.
Mampu melaksanakan pendidikan selama jangka waktu
tertentu sesuai dengan yang berlaku sehingga tercapai pendidikan yang bermutu.
c.
Mampu melaksanakan bimbingan konseling, melatih para
siswa, melaksanakan kegiatan OSIS sehingga pendidikan nasional dapat tercapai.
d.
Mampu melaksanakan wawasan wiyat mandala yang perlu
dipahami, dihayati, dan dipraktikan oleh segenap warga sekolah.
e.
SMA NEGERI 2
SIDOARJOmampu meningkatkan kualitas guru untuk meningkatkan kualitas
kegiatan belajar mengajar untuk perbaikan hasil kualitas kelulusan.
f.
Membina kerjasama yang harmonis antar warga sekolah,
warga masyarakat dan instansi yang terkait sehingga tercipta persatuan dan
kesatuan.
3. Bidang
Ekstra Kurikuler
Ada 10
jenis Ektra Kurikuler =>Bidang ektrakurikuler
a.
SKI (sie kerohanian Islam )
b.
Pramuka
Pelaksanaan pramuka setiap hari minggu pagi yang dilaksanakan oleh
seluruh siswa-siswi yang berminat mulai dari kelas 1 sampai dengan kelas 3.
Dana yang terkumpul untuk sarana dan prasarana sekolah dari semua peserta
pramuka.
Tugas pokok gerakan pramuka
Gerakan pramuka mempunyai tugas pokok menyelenggarakan
pendidikan kepramukaan bagi anak anak dan pemuda guna menumbuhkan tunas bangsa
agar menjadi generasi yang lebih baik yang lebih bertanggung jawab dan membina
serta mengisi kemerdekaan nasional.
c.
PMR
d.
Pecinta Alam
e.
Basket
f.
Karya Ilmiah Remaja
g.
Volly
h.
Futsal
i.
Samro
Daftar susunan pengurus ektrakurikuler SMA Negeri 2 Sidoarjo
Susunan Pengurus Futsal
Ketua : Angga Sasmita N
Wakil : M Asrowi
Sekretaris I : M. Aminudin
Sekretaris II : Satriya Yudha
Bendahara I : M. Alfian
Bendahara II : Achmad Suharto
Susunan Pengurus CHEERS
Ketua : Vasha Kelas X-5
Wakil ketua : Raras Kelas X-4
Sekretaris : Ayu Selly Kelas X-2
Bendahara : Vhia Kelas X-2
Anggota : Annisa Kelas X-5
Vita Kelas
X-3
Dede Kelas X-3
Shisif Kelas
X-2
Pramudita Kelas
X-5
Ima Kelas
X-5
Prestasi :
Juara bertahan CBC Putri I Mojokerto 2007/2008 dan 2008/2009
Susunan Pengurus BASKARAMADA
Komandan Satuan :
Ariska U
Wakil Komandan Satuan : Rizal
Wahyu
Komisi Disiplin :
Yudha M
Wakil Komisi Disiplin :
Eko Y
Ass Operasional :
Rio Bagus P
Ass Administrasi :
Retno Fauziah
Ass Personalia :
Arjuna Putra P
Biro Diklat :
Aulia Rizaldi
Kesekretariatan :
Dyah Ayu C
Litbang :
Lisa Y
Abdi Masyarakat :
Trisna Anggi
Dana Usaha :
Ratih K
Humas :
Abid F
Staf Operasional :
Haryo M, Arief
Staf Administrasi :
Ferina
Staf Personalia :
Budi R
Staf Kesekretariatan :
Eka Puput
Staf Litbang :
Devanata PK
Staf Dana Usaha :
Novita dan M Sholikah
Prestasi :
·
Best supporter LBB SHIP 2008
·
Peringkat 7 lomba Angkara se jatim 2008
Susunan Pengurus Basket Cewek
Ketua :
Palupu Widya A
Wakil Ketua : Lisa
Yunita S
Sekretaris :
Retno F
Bendahara : Fadlun
Nur H
Humas Intern : Candra
Humas Ekstern : N. Eklin
Prestasi :
Juara 8 Besar UNESA CUP
Susunan Pengurus Basket Cowok
Ketua :
Haryomurti
Sekretaris :
Arjuna P
Bendahara I :
Novianto
Bendahara II : Fahmi
Susunan Pengurus KIR
Ketua :
Putu Nikki A.T
Wakil I : M.
Januar Fathoni
Wakil II :
Evangelia
Sekretaris I : Devananta PK
Sekretaris II : M.
Faishal
Bendahara I : Nailil
M
Bendahara II : Nabila
Prestasi :
·
Juara 2 lomba UPN
·
Juara 2 Lomba OCEANIC
Susunan Pengurus SKI
Ketua : M.
Zaenal
Wakil ketua : Surya
Oktavianda
Sekretaris I : Ayu
Sandra S
Sekretaris II : Ais
Fatkhiya
Bendahara I : Diena
Moeslima
Bendahara II : M.
Hafid C
Dep Humas Guru Dep. Humas siswa
Koordinator : M.Y Fathoni Koordinator : Reno
D.K
Anggota :
A. Edy S Anggota : Huffal Azhar
Haris R M. Jauhari
Dhias P riesanda N
Moh. Alfin Silfiyah
Dep. Keputrian Dep. PHBI
Koordinator : Lailatul A Koordinator : Wachidatul Fadila
Anggota :
Vina Rachmaya Anggota : Indah Tri
Zuhroh Roidah Firda May
Nur Kaifah Mestika
Fatimah Fitria Istikomah
Dep. Pendidikan Dep. Syiar
Koordinator : Iyenta Arunia Koordiantor : Ika Widya
Anggota :
Nurul Istiqomah Anggota : Lailatul Fadila
Lidya Ananta Yuni Tri A
Nisrina Widya Candra
Moh. Arief
Yusuf Wahyu
Dep. Ta’mir Dep. Duta Besar
Koordinator : Tri Adhi P Koordinator : Hanum Anggraeni
Anggota :
Ivan Wahyu Anggota : Kenia A
Rizal Vara S Ririn D.P
Helmy Rachim Dwi Romadhini
Ayu Sri Rizki
Susunan Pengurus DEBAT
Presiden :
Gabriela
Sekjen
: Haris R
Jarkom : S. Aji
Bendahara : Wastiti
4. Partisipasi sekolah dalam ekstra kurikuler
a.
untuk kegiatan ekstra kurikuler, sekolah memberikan
pilihan kepada siswa untuk memilih kegiatan ekstra apa yang diminati. Pemilihan
kegiatan ekstra dilaksanakan pada saat MOS (Masa orientasi Siswa)
b.
Dalam pelaksanaan ekstra kurikuler, sekolah bertugas
memantau berjalannya kegiatan itu dan menilai keaktifan siswa dalam kegiatan
ekstra tersebut
c.
Dalam hal pembiayaan kegiatan ekstra kurikuler, sekolah
memberikan biaya untuk kegiatan rutin yang dilakukan siswa sekolah. Dan apabila
ada kegiatan ekstra diluar sekolah atau event keluar maka pembiayaan berasal
dari donator.
H. PENYELENGGARAAN ORGANISASI BP / BK
1. Tugas dan peran masing-masing personil
Personil BK adalah segenap unsure yang terkait
organisasi layanan Bk dengan coordinator dan guru pembimbing / konseling
sebagai pelaksana utamanya uraian tugas masing-masing personil bimbingan dan
konseling dan sebagai berikut:
a.
Kepala Sekolah
1)
Mengkoordinasikan segenap kegiatan yang diprogramkan di
sekolah sehingga kegiatan pengajaran, pelatihan dan bimbingan merupakan satu
kesatuan yang terpadu, harmonis dan dinamis.
2)
Menyediakan prasarana, tenaga, sarana dan berbagai
kemudahan bagi pelaksanaannya layanan BK yang efektif dan efisien.
3)
Melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap perencanaan
dan melaksanakan program, penilaian dan upaya tindak lanjut palayanan BK.
4)
Mempertanggungjawabkan pelaksanaan layanan BK di
sekolah pada Dinas Pendidikan Sidoarjo.
b.
Wakil Kepala Sekolah
Wakasek membantu Kasek dalam melaksanakan layanan BK
c.
Koordinator BK
Bertugas mengkoordinasikan guru pembimbing / konselor
dalam:
1)
Memasyarakatkan layanan BK pada warga sekolah dan
orangtua / wali siswa
2)
Menyusun dan malaksanakan program BK
3)
Mengatministrasikan layanan BK
4)
Menganalisis dan menafsirkan data siswa
5)
Menyelenggarakan pertemuan staf BK
6)
Menyelenggarakan konseling individu, kelompok dan
bimbingan kelompok
7)
Memberikan informasi pendidikan pada siswa
8)
Mengadakan Konsultasi dengan lembaga-lembaga yang
berhubungan dengan BK
9)
Menyelenggarakan Konferensi kasus
10) Mengadakan
program latihan pada petugas BK
11) Menadakan
Reveral pada tenaga ahli yang berhubungan dengan BK
12) Menyampaikan
laporan pelaksanaan BK
13) Mengevaluasi
program, prosrs dan hasil BK
14) Menindak
lantuti hasil Evaluasi BK
d.
Guru Pembimbing / Konselor
Sebagai pelaksana utama, tenaga ahli dan inti yang bertugas:
1)
Memasyarakatkan layanan BK
2)
Merencanakan Pragram BK
3)
Mengumpukan dan menyimpan data siswa
4)
Menyelenggarakan konseling
5)
Meneliti kemajuan dan perkembangan siswa
6)
Mengawasi kegiatan siswa sehari-hari, termasuk hubungan
sosialnya
7)
Membuat sosiometri dan sosiogram
8)
Melakukan kunjungan rumah/ home visit
9)
Melaksanakan kegiatan pendukung BK
10) Mengevaluasi
proses dan hasil pelayanan BK serta kegiatan
11) Melaksanakan
tindak lanjut berdasarkan hasil evaluasi
12) Mengatminitrasikan
dan melaporkan layanan dan kegiatan BK kepada coordinator BK
1.
Wali Kelas
a.
Membantu guru BK khususnya di kelas yang menjadi
tanggung jawabnya
b.
Membantu guru bidang studi dalam melaksanakan program
BK, dikelas yang menjadi tanggung jawabnya.
c.
Memberi kesempatan kepada siswa dalam mengikuti layanan
BK
2.
Guru Mata Pelajaran
a. Membantu
memasyarakatkan layanan BK
b. Membantu
guru BK mengidentifikasi siswa-siswa yang membutuhkan layanan BK
c. Megalihtangankan
siswa yang memerlukan BKK kepada guru pembimbing
d. Menerima
siswa yang membutuhkan pengajaran khusus (termidial dan pengayaan)
e. Membantu
mengembangkan suasana kelas, hubungan guru dengan siswa, hubungan antar siswa
sehingga menunjang pelaksanaan BK
f.
Memberi kesempatan dan kemudahan bagi siswa yang
memerlukan layanan BK
g. Berpartisipasi
dalam kaitan khusus penanganan siswa bermasalah
h. mengumpulakan
informasi yang diperlukan dalam evaluasi dan tindak lanjut layanan BK
3.
Program Kerja Bimbingan Dan Konseling
a.
Persiapan
Bertujuan mengumpulkan dada/ informasi untuk menyusu
program kerja berdsasarkan analisis kebutuhan yang selanjutnya dikoordinasi.
1)
Penyusunan Program Kerja
Diperlukan agar terjalin kerjasama yng efektif antara guru pembimbing
dengan staf sekolah
2)
Penyediaan Fasilitas dan Instrumen BK
Bertujuan memperoleh informasi yang menyeluruh tentang siswa yang melalui
data pribadi, keluarga, masalah yang dialami, presentasi,bakat, minat, hubungan
social, kesehatan dan psikologi.
b.
Kegiatan dan layanan
1)
Layanan Orientasi
a)
Bimbingan dan Konseling
b)
Kegiatan Keagamaan di sekolah
c)
Peraturan dan tata tertib sekolah
d)
Pengenalan
lingkungan sekolah
e)
Tata karma dan pergaulan di SMA
2)
Layanan Informasi
a)
Pemahaman Diri
b)
Pengembangan Kreatifitas
c)
Komunikasi
d)
Konsep Diri
e)
Gaya
Berfikir
f)
Orientasi Pergaulan Tinggi
3)
Layanan Penempatan dan Penyaluran
a)
1.Pembagian Kelompok Belajar
b)
Penjurusan
c)
Pemilihan studi lanjut di PTN/PTS
4)
Layanan pembelajaran
a)
Problem Solving
b)
Kerjasama
c)
Sikap kebiasaan dan keterampilan belajar
d)
memahami konflik
e)
Analisa SWOT dalam pengambilan keputusan
5)
Layanan Konseling individu
6)
Layanan Bimbingan kelompok
7)
Konseling Kelompok
c.
Kegiatan
pendukung
1)
Instrumentasi BK
a)
Membuat Instrumen yang diperlukan
b)
Memanfaatkan Instrumen yang ada
2)
Himpunan Data
a)
Data Keadaan Siswa
b)
Data Agama Siswa
c)
Data tahun Kelahiran Siswa
d)
Data Pekerjaan Orang Tua Siswa
e)
Data Prestasi Siswa
f)
Data Presensi Siswa
g)
Data Sosiometri
h)
Data Pelaksanaan konseling
i)
Konferensi Kasus
j)
Kunjungan Rumah
k)
Alih Tenaga Kasus
4.
Kerjasama dengan orang tua siswa dan instansi
terkait
5.
Penilaian
6.
Tindak lanjut
I.
HUBUNGAN MASYARAKAT
1.
Cara hubungan dengan wali murid/masyarakat
Pihak sekolah telah mengadakan
hubngan dengan wali murid setiap tiga bulan sekali secara rutin membahas apa
yang diprogamkan pihak sekolah dan dimusyawarahkan untuk meminta dukungan dan
kesepakatan wali murid. Seperti program intensif belajar (PIB). Dimana
pembiayaan guru bimbingan ditanggung oleh wali murid.
2. Fungsi komite sekolah
Beberapa fungsi komite di SMA Negeri 2 Sidoarjo, antara lain:
a.
Sebagai badan komunikasi antara wali murid dan guru
b.
Memebantu dalam pengadaan sarana dan prasarana serta
fasilitas sekolah dalam menunjang keberhasilan porses belajar mengajar.
c.
Memebantu dalam pemecahan masalah kesulitan balajar di
sekolah.
3. Bentuk partisipasi sekolah ke masyarakat
a.
Memebrikan penerangan kepada masyarakat
b.
Melarang masyarakat membuang sampah sembarangan
(menjaga Kebersihan)
c.
Mengadakan klerja bakti di lingkungan sekolah
d.
Membentu masyarakat untuk memudahkan mendapatkan
pendidikan.
J. PELAYANAN KHUSUS
1. Perpustakaan
a. Program kerja perpustakaan
Tabel: 2.6.
Progaram kerja perustakaan
NO
|
SASARAN
|
KEGIATAN
|
1
2
3
4
5
|
Pendataan Administrasi
Perpustakaan
Pemeliharaan buku – buku
Keamanan
buku – buku
Kebersihan
Menerapkan teknologi informasi
dan komunikasi
|
ð
Mendata dan memproses buku buku baru
ð
Mendata guru dan siswa yang berkunjung ke
perpustakaan
ð
Mendata guru dan siswa yang meminjam dan
mengembalikan buku.
ð
Mendata siswa yang rajin ke perpustakaan.
ð
Laporan ke kepala sekolah setiap 1 tahun
sekali.
ð
Mengklarifikasikan buku – buku.
ð
Pengadaan kartu peminjam.
ð
Memberi
sampul buku – buku.
ð
Penjilidan buku – buku yang rusak.
ð
Memberi kapur barus ke rak buku yang rusak.
ð
Menyediakan tempat bagi pengunjung.
ð
Pengawasan buku yang dibaca pengunjung.
ð
Pemberian kode pada buku.
ð
Meletakkan buku ke rak dan almari buku.
ð
Mencatat buku yang dipinjam dan yang
dikembalikan.
ð
Mencuci korden dan taplak meja.
ð
Membersihkan Aquarium.
ð
Menyapu dan mengepel lantai.
ð
Membersihkan rak – rak buku
ð
Mengedit seluruh data perpustakaan.
ð
Mengakses internet untuk kemajuan ilmu
pengetahuan dan teknologi.
ð
Mempermudah dan memperlancar kegiatan
sirkulasi perpustakaan sman 2 sda
|
c.
Inventaris perustakaan
Tabel: 2.7.
Inventaris perpustakaan
No
|
Jenis
Perabotan
|
Jumlah
|
Dari Pemerintah/Pembelian sekolah
|
Keterangan
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
|
Meja
baca
Meja
baca
Rak
buku
Katalog
Almari
buku
Almari
TV
TV
Kipas
angin
Korden
Kursi
Taplak
1
Unit Komputer
Almari
jati
VCD
Sound
system
Jam
dinding
|
8
4
12
1
12
1
1
3
9
40
20
1
2
1
1
1
|
Dari pemerintah
Pembelian sekolah
Pembelian sekolah
Dari pemerintah
Pembelian sekolah
Pembelian sekolah
Pembelian sekolah
Pembelian sekolah
Pembelian sekolah
Pembelian sekolah
Pembelian sekolah
Pembelian sekolah
Pembelian sekolah
Pembelian sekolah
Pembelian sekolah
Pembelian sekolah
|
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
|
2. Usaha Kesehatan Sekolah (UKS)
Kegiatan UKS
3. Pramuka
Pelaksanaan pramuka setiap hari minggu pagi yang dilaksanakan oleh seluruh
siswa-siswi yang berminat mulai dari kelas 1 sampai dengan kelas 3. Dana yang
terkumpul untuk sarana dan prasarana sekolah dari semua peserta pramuka.
Tugas
pokok gerakan pramuka
Gerakan pramuka mempunyai tugas pokok menyelenggarakan
pendidikan kepramukaan bagi anak anak dan pemuda guna menumbuhkan tunas bangsa
agar menjadi generasi yang lebih baik yang lebih bertanggung jawab dan membina
serta mengisi kemerdekaan nasional.
BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil temuan dilapangan tentang
pengelolaan sekolah, dapat disimpulkan bahwa pengorganisasian suatu lembaga
tergantung pada jenis dan sifat yang bersangkutan. Hal ini dapat dilihat dari
struktur organisasi sekolah yang satu sama lain saling keterkaiatan dalam
hubungan mekanisme kinerjanya.
Dalam pengelolaan sekolah menejemen dan administrasi
sangatlah penting adanya. Karena hal ini memuat tentang pengertian dan petunjuk
serta pedoman mekanisme kerja setiap peran, sehingga menejemen sangatlah
dibutuhkan dalam setiap komponen-komponen pendidikan disekolah untuk semua
tingkat dan jenjang maupun jenis pendidikan.
B. Saran
Sebagai bentuk partisipasi anlisis kritis laporan
pengelolaan sekolah ini. Maka perkenankanlah
penulis memberikan sumbangsih saran-saran yang kiranya bermanfaat bagi dunia
pendidikan, khususnya pada pengelolaan sekolah. Adapun saran tersebut adalah:
1.
Pelayanan administrasi seharusnya merujuk pada prosedur
atau ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan.
2.
Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan, maka
upayakan dan optimalkan sarana dan prasarana yang ada
3.
Meningkatkan kedisiplinan bagi civitas, terutama siswa
pada jam-jam pelajaran.
4.
Selalu meningkatkan kebersihan dilinhkingan sekolah dan
sekitar, khususnya diruang UKS.
5.
Pergunakan media pembelajaran yang ada secara
optimal.