Tuesday, December 4, 2012

BEBERAPA KUNCI MASUK SURGA


BEBERAPA KUNCI MASUK SURGA
Oleh: Abdillah Faizun,S.Pd.I

Bismillaahirrahmaanirrahiim.
Assalaamu’alaikum Wr. Wb.

Alhamdulillaahirabbil’alamin, washolaatuwas salaamu ‘ala asyrafil ambiyaai wal mursaliin, wa ‘ala alihi wa ashabihi ajma’iin, amma ba’da:
Kepada Yang Terhormat,  ............................
Pada kesempatan ini, Pertama  mari kita ucapkan Alhamdulillah, segala puji bagi Allah yang telah memberikan nikmat iman dan Islam kepada kita. Dan kita bersaksi, tiada Tuhan yang wajib disembah, kecuali Allah. Tiada sekutu baginya. Dialah yang memiliki kerajaan langit dan bumi. Semoga dihari yang penuh nikmat ini kita akan ditambah rahmat dan hidayah-Nya
Yang kedua, marilah kita bersaksi bahwa Nabi Muhammad saw adalah utusan Allah. Semoga sholawat dan salam selalu tercurahkan kepada Rasulullah saw, keluarganya, sahabatnya, dan orang-orang yang mengikuti jalan hidupnya. Kemudian kita berharap mendapat syafa’at-nya ketika hidup di dunia dan kelak diakhirat, sehingga kita tergolong sebagai orang-orang yang beruntung.

Ma'asyiral muslimin rakhimakumullah!
Sesungguhnya kehidupan orang mukmin di dunia ini memiliki tujuan. Tujuannya adalah meraih ridha Allah Azza wa Jalla? mencapai jannah yang luasnya seluas langit-langit dan bumi dan itu adalah kemenangan yang nyata. Allah SWT berfirman yang artinya,
                                            
"Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan jannah (surga), maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan."
                                        
Surga adalah tempat tinggal ayah kita, lalu ayah kita Nabi Adam as.)  dikeluarkan darinya dengan perbuatan musuh kita, Iblis yang dilaknat Allah, yang menipu ayah kita dan istrinya dengan makan dari pohon yang dilarang Allah untuk dimakannya.
Tujuan seorang muslim di dunia ini adalah sampai ke tempat tinggal tersebut, karena ia adalah tempat tinggal kemuliaan dan senikmat-nikmatnya tempat tinggal bagi orang yang bertakwa, disamping ia juga merupakan tempat tinggal keselamatan. Allah Ta'ala berfirman,

"Bagi mereka (disediakan) darussalam (surga) pada sisi Rabbnya dan Dialah pelindung mereka disebabkan amal-amal saleh yang selalu mereka kerjakan."

Mereka sampai ke rumah itu karena tempat tinggal itu adalah tempat tinggal yang dimuliakan Allah Azza wa Jalla yang di dalamnya bisa melihat wajah-Nya yang Maha Mulia. Namun, yang menjadi pertanyaan adalah amalan apakah yang bisa menghantarkan seorang mukmin ke surga yang luas tesebut,  Memang tidaklah gratis untuk masuk ke surga, akan tetapi harus beramal darlam rangka untuk mendapatkan jannah. Allah Ta'ala berfirman:

"Barang siapa yang mengerjakan amal-amal saleh, baik laki-laki maupun wanita sedang ia orang yang beriman, maka mereka itu masuk ke dalam surga dan mereka tidak dianiaya walau sedikit pun."

Hadirin yang berbahgia,
Pada intinya, Amalan pertama yang akan menghantarkan kita kepada surga adalah keimanan yang benar. Keyakinan yang kuat. Iman kepada Allah SWT, malaikat, kitab dan rasul-Nya , hari kiamat, dan takdir-Nya yang baik maupun yang buruk. Iman yang tidak becampur dengan keraguan, iman yang murni kepada Allah SWT dengan segala apa yang telah diberitahukannya dari persolan yang gaib dan apa yang juga diberitahukan oleh Rasulullah saw. Karena, surga itu diharamkan bagi orang yang kafir, musyrik, haram bagi yang ragu atau menentang.

Kemudian sebab yang kedua yang biasa menghantarkan ke surga adalah jujur. Jujur kepada Allah, jiwa, dan manusia. Dhahirnya tidak menyelisihi batinnya, begitu pula sebaliknya. Rasulullah saw bersabda,

"Hendaklah kalian jujur, karena kejujuran itu akan memberi petunjuk kepada kebaikan. Dan kebaikan akan memberi petunjuk kepada surga. Dan seseorang itu masih dalam keadaan jujur dan mencari kejujuran sehingga Allah pun menulisnya sebagai orang yang jujur. Dan hendakhlah kalian menjauhi dusta. Karena dusta itu akan memberi petunjuk kepada kemaksiatan. Dan kemaksiatan itu akan memberi petunjuk kepada neraka. Dan seseorang masih dalam keadaan dusta dan mencari kedustaan, sehingga Allah pun menulis sebaga orang yang dusta."

Lalu sebab yang ketiga adalah sabar atas qadha' dan taqdir Allah Ta'ala. Seorang mukmin hidup di dunia ini dalam keadaan susah payah. Allah Ta'ala berfirman:
                                          
"Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia berada dalam susah payah."

Dunia adalah penjara bagi orang mukmin dan surga bagi orang kafir. Maka, yang diminta bagi orang mukmin adalah bersabar terhadap apa yang menimpa badannya, dirinya, keluarganya, hartanya, anaknya, sabar terhadap qadha' Allah dan taqdir-Nya karena Allah SWT telah memberitahukan bahwa sabar itu balasannya adalah surga.

Para hadirin yang saya hormati,
Kita berdoa semoga Allah melimpahkan surga kepada kita. Dan, melimpahkan perkataan dan perbuatan yang bisa mendekatkan kepada jannah tersebut. Kita juga berlindung kepada Allah dari neraka dan berlindung dari perkataan maupun perbuatan yang mendekatkan kepada neraka, amin.


No comments: