Sunday, June 14, 2020

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR BTQ

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR

BACA TULIS AL-QUR’AN

 

KELAS: X

KOMPETENSI INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL)

KOMPETENSI INTI 2 (SIKAP SOSIAL)

1.        Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

2.        Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

 

KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR

1.1   Terbiasa membaca al-Qur’an dengan menerapaka bacaan hukum tajwid idhar chalqi

2.1   Menunjukkan perilaku gemar membaca al-qur’an sebagai pengamalan hukum bacaan idhar chalqi

1.2   Terbiasa membaca al-Qur’an dengan menerapaka bacaan hukum tajwid idham bighunnah

2.2   Menunjukkan perilaku gemar membaca al-qur’an sebagai pengamalan hukum bacaan idham bighunnah

1.3   Terbiasa membaca al-Qur’an dengan menerapaka bacaan hukum tajwid idham bila ghunnah

2.3   Menunjukkan perilaku gemar membaca al-qur’an sebagai pengamalan hukum bacaan idham bila ghunnah

1.4   Terbiasa membaca al-Qur’an dengan menerapaka bacaan hukum tajwid iklab

2.4   Menunjukkan perilaku gemar membaca al-qur’an sebagai pengamalan hukum bacaan iklab

1.5   Terbiasa membaca al-Qur’an dengan menerapaka bacaan hukum tajwid ikhfa’

2.5   Menunjukkan perilaku gemar membaca al-qur’an sebagai pengamalan hukum bacaan ikhfa’

1.6   Terbiasa membaca al-Qur’an dengan menerapaka bacaan hukum tajwid idhar syafawi

2.6   Menunjukkan perilaku gemar membaca al-qur’an sebagai pengamalan hukum bacaan idhar syafawi

1.7   Terbiasa membaca al-Qur’an dengan menerapaka bacaan hukum tajwid ikfa’ syafawi

2.7   Menunjukkan perilaku gemar membaca al-qur’an sebagai pengamalan hukum bacaan ikhfa’ syafawi

1.8   Terbiasa membaca al-Qur’an dengan menerapaka bacaan hukum tajwid idgham mimi

2.8   Menunjukkan perilaku gemar membaca al-qur’an sebagai pengamalan hukum bacaan idgham mimi

1.9   Terbiasa membaca al-Qur’an dengan menerapaka bacaan hukum tajwid ghunnah

2.9   Menunjukkan perilaku gemar membaca al-qur’an sebagai pengamalan hukum bacaan ghunnah

1.10 Terbiasa membaca al-Qur’an dengan menerapaka bacaan hukum tajwid idhar qomariyah

2.10 Menunjukkan perilaku gemar membaca al-qur’an sebagai pengamalan hukum bacaan idhar qomariyah

1.11 Terbiasa membaca al-Qur’an dengan menerapaka bacaan hukum tajwid idgham syamsiyah

2.11 Menunjukkan perilaku gemar membaca al-qur’an sebagai pengamalan hukum bacaan idgham syamsiyah

 

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)

3.        Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

4.        Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

 

KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR

3.1   Menganalisis hukum bacaan tajwid pada Q.S. Al-Baqarah :30 dan Al-Fathir : 39 sesuai dengan kaidah hukum bacaan idhar

 

4.1.1   Membaca Q.S. Al-Baqarah :30 dan Al-Fathir : 39, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf

4.1.2   Menulis Q.S. Al-Baqarah :30 dan Al-Fathir : 39, sesuai dengan kaidah cara penulisan arab

2.1   Menganalisis hukum bacaan tajwid pada Q.S. Al-Mu’minun 12-14 dan Adz-Dzariyat: 56 sesuai dengan kaidah hukum bacaan idghom bighunnah

 

 

4.2.1   Membaca Q.S. Al-Mu’minun 12-14 dan Adz-Dzariyat: 56, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf

4.2.2   Menulis Q.S. Al-Mu’minun 12-14 dan Adz-Dzariyat: 56, sesuai dengan kaidah cara penulisan arab

3.3   Menganalisis hukum bacaan tajwid pada Q.S. Al-Jumu’ah : 9 -10. dan Al-Qoriah 1-5 sesuai dengan kaidah hukum bacaan idghom bilagunnah

 

4.3.1   Membaca Q.S. Al-Jumu’ah : 9 -10. dan Al-Qoriah 1-5, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf

4.3.2   Menulis Q Q.S. Al-Jumu’ah : 9 -10. dan Al-Qoriah 1-5, sesuai dengan kaidah cara penulisan arab

3.4   Menganalisis hukum bacaan tajwid pada Q.S. An-Nisa’ 135 dan Al-Isra’: 23 sesuai dengan kaidah hukum bacaan iklab

 

4.4.1   Membaca Q.S. An-Nisa’ 135 dan Al-Isra’: 23, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf

4.4.2   Menulis Q.S. An-Nisa’ 135 dan Al-Isra’: 23, sesuai dengan kaidah cara penulisan arab

3.5   Menganalisis hukum bacaan tajwid pada Q.S. An-Nisa’ : 22, 282, An-Nisa’ : 34 dan At-Tahrim : 6 sesuai dengan kaidah hukum bacaan ikfa’

 

 

4.5.1   Membaca Q.S. An-Nisa’ : 22, 282, An-Nisa’ : 34 dan At-Tahrim : 6, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf

4.5.2   Menulis Q.S. An-Nisa’ : 22, 282, An-Nisa’ : 34 dan At-Tahrim : 6, sesuai dengan kaidah cara penulisan arab

3.6   Menganalisis hukum bacaan tajwid pada Q.S. Yunus 101 dan Al-Baqarah 164 sesuai dengan kaidah hukum bacaan idhar syafawi

 

4.6.1   Membaca Q.S. Yunus 101 dan Al-Baqarah 164, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf

4.6.2   Menulis Q.S. Yunus 101 dan Al-Baqarah 164, sesuai dengan kaidah cara penulisan arab

3.7   Menganalisis hukum bacaan tajwid pada Q.S. At-Taubah 51 Ali Imran 159 sesuai dengan kaidah hukum bacaan ikhfa’ syafawi

 

4.7.1   Membaca Q.S. At-Taubah 51 Ali Imran 159, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf

4.7.2   Menulis Q.S. At-Taubah 51 Ali Imran 159, sesuai dengan kaidah cara penulisan arab

3.8   Menganalisis hukum bacaan tajwid pada Q.S. Al-Hujrat : 9 Al-Fath : 29 sesuai dengan kaidah hukum bacaan idghom mimi

4.8.1   Membaca Q.S. Al-Hujrat : 9 Al-Fath : 29, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf

4.8.2   Menulis Q.S. Al-Hujrat : 9 Al-Fath : 29, sesuai dengan kaidah cara penulisan arab

3.9   Menganalisis hukum bacaan tajwid pada Q.S. Al-Baqarah : 109, An-Nisa’ : 142 dan Al-Mau’un : 1-7 sesuai dengan kaidah hukum bacaan ghunnah

4.9.1   Membaca Q.S. Al-Baqarah : 109, An-Nisa’ : 142 dan Al-Mau’un : 1-7, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf

4.9.2   Menulis Q.S. Al-Baqarah : 109, An-Nisa’ : 142 dan Al-Mau’un : 1-7, sesuai dengan kaidah cara penulisan arab

3.10 Menganalisis hukum bacaan tajwid pada Q.S. At-Taubah 60 dan At-Taubah 100-101 sesuai dengan kaidah hukum bacaan idhar qomariyah

4.10.1 Membaca Q.S. At-Taubah 60 dan At-Taubah 100-101, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf

4.10.2 Menulis Q.S. At-Taubah 60 dan At-Taubah 100-101, sesuai dengan kaidah cara penulisan arab

3.11 Menganalisis hukum bacaan tajwid pada surat-surat pendek pilihan dalam al-qur’an sesuai dengan kaidah hukum bacaan idghom syamsyah

 

4.11.1 Membaca surat-surat pendek pilihan dalam al-qur’an, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf

4.11.2 Menulis surat-surat pendek pilihan dalam al-qur’an, sesuai dengan kaidah cara penulisan arab


KELAS: XI 

KOMPETENSI INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL)

KOMPETENSI INTI 2 (SIKAP SOSIAL)

1.        Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

2.        Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

 

KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR

1.1   Terbiasa membaca al-Qur’an dengan menerapaka bacaan hukum tajwid lam mufakhkhomah

2.1   Menunjukkan perilaku gemar membaca al-qur’an sebagai pengamalan hukum bacaan lam mufakhkhomah

1.2   Terbiasa membaca al-Qur’an dengan menerapaka bacaan hukum tajwid lam muroqqoqoh

2.2   Menunjukkan perilaku gemar membaca al-qur’an sebagai pengamalan hukum bacaan lam muroqqoqoh

1.3   Terbiasa membaca al-Qur’an dengan menerapaka bacaan hukum tajwid ro’ mufakhkhomah

2.3   Menunjukkan perilaku gemar membaca al-qur’an sebagai pengamalan hukum bacaan ro’ mufakhkhomah

1.4   Terbiasa membaca al-Qur’an dengan menerapaka bacaan hukum tajwid ro’ muroqqoqoh

2.4   Menunjukkan perilaku gemar membaca al-qur’an sebagai pengamalan hukum bacaan ro’ muroqqoqoh

1.5   Terbiasa membaca al-Qur’an dengan menerapaka bacaan hukum tajwid ro’ mufakhkhomah

2.5   Menunjukkan perilaku gemar membaca al-qur’an sebagai pengamalan hukum bacaan ro’ mufakhkhomah

1.6   Terbiasa membaca al-Qur’an dengan menerapaka bacaan hukum tajwid lam sukun

2.6   Menunjukkan perilaku gemar membaca al-qur’an sebagai pengamalan hukum bacaan lam sukun

1.7   Terbiasa membaca al-Qur’an dengan menerapaka bacaan hukum tajwid qolqolah sugra

2.7   Menunjukkan perilaku gemar membaca al-qur’an sebagai pengamalan hukum bacaan qolqolah sugra

1.8   Terbiasa membaca al-Qur’an dengan menerapaka bacaan hukum tajwid qolqolah kubro

2.8   Menunjukkan perilaku gemar membaca al-qur’an sebagai pengamalan hukum bacaan qolqolah kubro

1.9   Terbiasa membaca al-Qur’an dengan menerapaka bacaan hukum tajwid qolqolah akbar

2.9   Menunjukkan perilaku gemar membaca al-qur’an sebagai pengamalan hukum bacaan qolqolah akbar

1.10 Terbiasa membaca al-Qur’an dengan menerapaka bacaan hukum tajwid syaktah

2.10 Menunjukkan perilaku gemar membaca al-qur’an sebagai pengamalan hukum bacaan syaktah

1.11 Terbiasa membaca al-Qur’an dengan menerapaka tanda waqof dalam al-qur’an

2.11 Menunjukkan perilaku gemar membaca al-qur’an sebagai pengamalan tanda waqof dalam al-qur’an

 

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)

3.        Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

4.        Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

 

KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR

3.1   Menganalisis hukum bacaan tajwid pada Q.S. Al-Baqarah: 148 dan Fātir: 32 sesuai dengan kaidah hukum bacaan lam mufakhkhomah

4.1.1   Membaca Q.S. Al-Baqarah: 148 dan Fātir: 32, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf

4.1.2   Menulis Q.S. Al-Baqarah: 148 dan Fātir: 32, sesuai dengan kaidah cara penulisan arab

3.2   Menganalisis hukum bacaan tajwid pada Q.S. Al-Isrā’: 26–27 dan Surah Al-Baqarah: 177 sesuai dengan kaidah hukum bacaan lam muroqqoqoh

 

4.2.1   Membaca Q.S. Al-Isrā’: 26–27 dan Surah Al-Baqarah: 177, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf

4.2.2   Menulis Q.S. Al-Isrā’: 26–27 dan Surah Al-Baqarah: 177, sesuai dengan kaidah cara penulisan arab

3.3   Menganalisis hukum bacaan tajwid pada Q.S Ali Imran 144, Al-Maidah 70, An –Nisa’, 136, 150-151 dan 164, Al-Baqarah 285, Al A’raf 6, Al-Mu’minun 44, Yunus 47, Al-Mu’minun 78 dan Al-Anfal 24 sesuai dengan kaidah hukum bacaan ro’ mufakhkhomah

 

4.3.1   Membaca Q.S Ali Imran 144, Al-Maidah 70, An –Nisa’, 136, 150-151 dan 164, Al-Baqarah 285, Al A’raf 6, Al-Mu’minun 44, Yunus 47, Al-Mu’minun 78 dan Al-Anfal 24, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf

4.3.2   Menulis Q.S Ali Imran 144, Al-Maidah 70, An –Nisa’, 136, 150-151 dan 164, Al-Baqarah 285, Al A’raf 6, Al-Mu’minun 44, Yunus 47, Al-Mu’minun 78 dan Al-Anfal 24, sesuai dengan kaidah cara penulisan arab

3.4   Menganalisis hukum bacaan tajwid pada Q.S. An-Nisa’ 17-18, Al Furqan 71, At-Tahrim 8, Yusuf 86-87 dan Al-A’raf 56sesuai dengan kaidah hukum bacaan ro’ muroqqoqoh

 

4.4.1   Membaca Q.S. An-Nisa’ 17-18, Al Furqan 71, At-Tahrim 8, Yusuf 86-87 dan Al-A’raf 56, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf

4.4.2   Menulis Q.S. An-Nisa’ 17-18, Al Furqan 71, At-Tahrim 8, Yusuf 86-87 dan Al-A’raf 56, sesuai dengan kaidah cara penulisan arab

3.5   Menganalisis hukum bacaan tajwid pada Q.S. Al-Baqarah 275, 282, Ali Imran 130-132 Dan An-Nisa’ 29-31sesuai dengan kaidah hukum bacaan ro’ mufakhkhomah

 

 

4.5.1   Membaca Q.S. Al-Baqarah 275, 282, Ali Imran 130-132 Dan An-Nisa’ 29-31, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf

4.5.2   Menulis Q.S. Al-Baqarah 275, 282, Ali Imran 130-132 Dan An-Nisa’ 29-31, sesuai dengan kaidah cara penulisan arab

3.6   Menganalisis hukum bacaan tajwid pada Q.S. Al-Baqarah 143, Ali Imran 104, 110, dan Al-‘Araf 180-182sesuai dengan kaidah hukum bacaan lam sukun

4.6.1   Membaca Q.S. Al-Baqarah 143, Ali Imran 104, 110, dan Al-‘Araf 180-182, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf

4.6.2   Menulis Q.S. Al-Baqarah 143, Ali Imran 104, 110, dan Al-‘Araf 180-182, sesuai dengan kaidah cara penulisan arab

3.7   Menganalisis hukum bacaan tajwid pada Q.S. Ar-Rūm: 41–42, Surah Al-‘Araf: 56–58, dan  Surah Sād: 27 sesuai dengan kaidah hukum bacaan qolqolah sugra

 

4.7.1   Membaca Q.S. Ar-Rūm: 41–42, Surah Al-‘Araf: 56–58, dan  Surah Sād: 27, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf

4.7.2   Menulis Q.S. Ar-Rūm: 41–42, Surah Al-‘Araf: 56–58, dan  Surah Sād: 27, sesuai dengan kaidah cara penulisan arab

3.8   Menganalisis hukum bacaan tajwid pada Q.S. Al-Maidah 48, Al-An’am 92,  An-Nisa’ 136 dan Ali Imran 19sesuai dengan kaidah hukum bacaan qolqolah kubro

4.8.1   Membaca Q.S. Al-Maidah 48, Al-An’am 92,  An-Nisa’ 136 dan Ali Imran 19, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf

4.8.2   Menulis Q.S. Al-Maidah 48, Al-An’am 92,  An-Nisa’ 136 dan Ali Imran 19, sesuai dengan kaidah cara penulisan arab

3.9   Menganalisis hukum bacaan tajwid pada Q.S Al-Mu’minun 62, Al-An’am 160, Az Zumar 39sesuai dengan kaidah hukum bacaan qolqolah akbar

4.9.1   Membaca Q.S Al-Mu’minun 62, Al-An’am 160, Az Zumar 39, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf

4.9.2   Menulis Q.S Al-Mu’minun 62, Al-An’am 160, Az Zumar 39, sesuai dengan kaidah cara penulisan arab

3.10 Menganalisis hukum bacaan tajwid pada Q.S. An-Nisa’ 48, Luqman 13, Al-An’an 88, 151, Az-Zumar 32, 59-60, Hud 18, Ali Imran 21, dan Al-Isra’ 31-38 sesuai dengan kaidah hukum bacaan syaktah

4.10.1 Membaca Q.S. An-Nisa’ 48, Luqman 13, Al-An’an 88, 151, Az-Zumar 32, 59-60, Hud 18, Ali Imran 21, dan Al-Isra’ 31-38, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf

4.10.2 Menulis Q.S. An-Nisa’ 48, Luqman 13, Al-An’an 88, 151, Az-Zumar 32, 59-60, Hud 18, Ali Imran 21, dan Al-Isra’ 31-38, sesuai dengan kaidah cara penulisan arab

3.11 Menganalisis hukum bacaan tajwid pada Q.S. An-Nahl 125 dan Al-Jumuah 9-11 sesuai dengan kaidah hukum bacaan waqof didalam al-qur’an

 

 

4.11.1 Membaca Q.S. An-Nahl 125 dan Al-Jumuah 9-11, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf

4.11.2 Menulis Q.S. An-Nahl 125 dan Al-Jumuah 9-11, sesuai dengan kaidah cara penulisan arab


KELAS: XII 

KOMPETENSI INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL)

KOMPETENSI INTI 2 (SIKAP SOSIAL)

1.        Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

2.        Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

 

KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR

1.1   Terbiasa membaca al-Qur’an dengan menerapaka bacaan hukum tajwid mad thobi’i

2.1   Menunjukkan perilaku gemar membaca al-qur’an sebagai pengamalan hukum bacaan mad thobi’i

1.2   Terbiasa membaca al-Qur’an dengan menerapaka bacaan hukum tajwid mad majib muttashil dan mad jaiz munfashil

2.2   Menunjukkan perilaku gemar membaca al-qur’an sebagai pengamalan hukum bacaan mad majib muttashil dan mad jaiz munfashil

1.3   Terbiasa membaca al-Qur’an dengan menerapaka bacaan hukum tajwid mad lazim mutsaqqol dan mad lazin mukhoffaf kilmi

2.3   Menunjukkan perilaku gemar membaca al-qur’an sebagai pengamalan hukum mad lazim mutsaqqol dan mad lazin mukhoffaf kilmi

1.4   Terbiasa membaca al-Qur’an dengan menerapaka bacaan hukum tajwid mad lein

2.4   Menunjukkan perilaku gemar membaca al-qur’an sebagai pengamalan hukum bacaan mad lein

1.5   Terbiasa membaca al-Qur’an dengan menerapaka bacaan hukum tajwid mad aridl lissukun

2.5   Menunjukkan perilaku gemar membaca al-qur’an sebagai pengamalan hukum bacaan mad aridl lissukun

1.6   Terbiasa membaca al-Qur’an dengan menerapaka bacaan hukum tajwid mad shillah qoshirah dan mad shilah thowilah

2.6   Menunjukkan perilaku gemar membaca al-qur’an sebagai pengamalan hukum bacaan mad shillah qoshirah dan mad shilah thowilah

1.7   Terbiasa membaca al-Qur’an dengan menerapaka bacaan hukum tajwid mad iwadl

2.7   Menunjukkan perilaku gemar membaca al-qur’an sebagai pengamalan hukum bacaan mad iwadl

1.8   Terbiasa membaca al-Qur’an dengan menerapaka bacaan hukum tajwid mad badal

2.8   Menunjukkan perilaku gemar membaca al-qur’an sebagai pengamalan hukum bacaan mad badal

1.9   Terbiasa membaca al-Qur’an dengan menerapaka bacaan hukum tajwid mad lazim charfi mukhoffaf dan mad lazim charfi mutsaqqol

2.9   Menunjukkan perilaku gemar membaca al-qur’an sebagai pengamalan hukum tajwid mad lazim charfi mukhoffaf dan mad lazim charfi mutsaqqol

1.10 Terbiasa membaca al-Qur’an dengan menerapaka bacaan hukum tajwid mad lazim musyabba’

2.10 Menunjukkan perilaku gemar membaca al-qur’an sebagai pengamalan hukum bacaan mad lazim musyabba’

1.11 Terbiasa membaca al-Qur’an dengan menerapaka hukum bacaan tajwid isymam dan imalah

2.11 Menunjukkan perilaku gemar membaca al-qur’an sebagai pengamalan isymam dan imalah

 

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)

3.        Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

4.        Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

 

KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR

3.1   Menganalisis hukum bacaan tajwid pada Q.S. Al-Kafirun: 1-6 dan Yunus: 40-41 sesuai dengan kaidah hukum bacaan mad thobi’i

4.1.1   Membaca Q.S. Al-Kafirun: 1-6 dan Yunus: 40-41, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf

4.1.2   Menulis Q.S. Al-Kafirun: 1-6 dan Yunus: 40-41, sesuai dengan kaidah cara penulisan arab

3.2   Menganalisis hukum bacaan tajwid pada Q.S. Al-Kahfi: 29 dan Al-Mujadilah: 11 sesuai dengan kaidah hukum bacaan mad majib muttashil dan mad jaiz munfashil

4.2.1   Membaca Q.S. Al-Kahfi: 29 dan Al-Mujadilah: 11, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf

4.2.2   Menulis Q.S. Al-Kahfi: 29 dan Al-Mujadilah: 11, sesuai dengan kaidah cara penulisan arab

3.3   Menganalisis hukum bacaan tajwid pada Q.S. Al-Jumu’ah : 9 -10. dan Al-Qoriah 1-5sesuai dengan kaidah hukum bacaan mad lazim mutsaqqol dan mad lazin mukhoffaf kilmi

 

4.3.1   Membaca Q.S. Al-Jumu’ah : 9 -10. dan Al-Qoriah 1-5, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf

4.3.2   Menulis Q.S. Al-Jumu’ah : 9 -10. dan Al-Qoriah 1-5, sesuai dengan kaidah cara penulisan arab

3.4   Menganalisis hukum bacaan tajwid pada Q.S. An-Nisa’ 135 dan Al-Isra’: 23 sesuai dengan kaidah hukum bacaan mad lien

 

4.4.1   Membaca Q.S. An-Nisa’ 135 dan Al-Isra’: 23, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf

4.4.2   Menulis Q.S. An-Nisa’ 135 dan Al-Isra’: 23, sesuai dengan kaidah cara penulisan arab

3.5   Menganalisis hukum bacaan tajwid pada Q Q.S. An-Nisa’ : 22, 282, An-Nisa’ : 34 dan At-Tahrim : 6 sesuai dengan kaidah hukum bacaan mad arid lissukun

 

 

4.5.1   Membaca Q.S. An-Nisa’ : 22, 282, An-Nisa’ : 34 dan At-Tahrim : 6, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf

4.5.2   Menulis Q.S. An-Nisa’ : 22, 282, An-Nisa’ : 34 dan At-Tahrim : 6, sesuai dengan kaidah cara penulisan arab

3.6   Menganalisis hukum bacaan tajwid pada Q.S. Yunus 101 dan Al-Baqarah 164, dan Al-‘Araf 180-182sesuai dengan kaidah hukum bacaan mad shillah qoshirah dan mad shilah thowilah

4.6.1   Membaca Q.S. Yunus 101 dan Al-Baqarah 164, dan Al-‘Araf 180-182, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf

4.6.2   Menulis Q.S. Yunus 101 dan Al-Baqarah 164, dan Al-‘Araf 180-182, sesuai dengan kaidah cara penulisan arab

3.7   Menganalisis hukum bacaan tajwid pada Q.S. At-Taubah 51 Ali Imran 159 sesuai dengan kaidah hukum bacaan mad iwadl

 

4.7.1   Membaca Q.S. At-Taubah 51 Ali Imran 159, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf

4.7.2   Menulis Q.S. At-Taubah 51 Ali Imran 159, sesuai dengan kaidah cara penulisan arab

3.8   Menganalisis hukum bacaan tajwid pada Q.S. Al-Hujrat : 9 Al-Fath : 29 sesuai dengan kaidah hukum bacaan mad badal

4.8.1   Membaca Q.S. Al-Hujrat : 9 Al-Fath : 29, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf

4.8.2   Menulis Q.S. Al-Hujrat : 9 Al-Fath : 29, sesuai dengan kaidah cara penulisan arab

3.9   Menganalisis hukum bacaan tajwid pada Q.S. Al-Hujrat : 12 dan An-Nisa’ 7, Az Zumar 39sesuai dengan kaidah hukum bacaan mad lazim charfi mukhoffaf dan mad lazim charfi mutsaqqol

4.9.1   Membaca Q.S. Al-Hujrat : 12 dan An-Nisa’ 7, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf

4.9.2   Menulis Q.S. Al-Hujrat : 12 dan An-Nisa’ 7, sesuai dengan kaidah cara penulisan arab

3.10 Menganalisis hukum bacaan tajwid pada Q.S. Al-Isra’ 26-27 dan Al-Hujrat 6 sesuai dengan kaidah hukum bacaan mad lazim musyabba’

4.10.1 Membaca Q.S. Al-Isra’ 26-27 dan Al-Hujrat 6, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf

4.10.2 Menulis Q.S. Al-Isra’ 26-27 dan Al-Hujrat 6, sesuai dengan kaidah cara penulisan arab

3.11 Menganalisis hukum bacaan tajwid pada surat-surat pendek pilihan dalam al-qur’an sesuai dengan kaidah hukum bacaan isymam dan imalah

 

4.11.1 Membaca pada surat-surat pendek pilihan dalam al-qur’an, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf

4.11.2 pada surat-surat pendek pilihan dalam al-qur’an, sesuai dengan kaidah cara penulisan arab

 

RASIONALISASI pada:

1.        Kelas X KD 2.1, 3.1, 4.1.1, 4.1.2, 4.1.3 belum dimunculkan QS al Anfal : 72 tentang Mujahadah An Nafs (Mengontrol Diri)

2.        Kelas X KD 3.9 (analisis hikmah) dan 4.9 (simulasi ibadah) tidak match

3.        Kelas XI KD 4.7, 4.8 diganti dengan menyimulasikan karena diharapkan siswa bukan sekedar mempresentasikan namun sampai pada tahap mempraktekkan

4.        Kelas XI KD 3.9, 3.10, 3.11 Kata menelaah diganti dengan menganalisis karena tingkatan analisis lebih tinggi daripada sekedar menelaah

5.        Kelas XII KD 4.5 diganti dengan menyajikan kaitan karena diharapkan siswa bukan hanya mengaitkan dalam ranah abstrak namun sampai pada ranah konkret yaitu menyajikan secara komunikatif hasil penalara


No comments: