KOMPETENSI
INTI DAN KOMPETENSI DASAR
BACA TULIS
AL-QUR’AN
KELAS: X
KOMPETENSI
INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL) |
KOMPETENSI
INTI 2 (SIKAP SOSIAL) |
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya |
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia |
KOMPETENSI
DASAR |
KOMPETENSI
DASAR |
1.1 Terbiasa membaca al-Qur’an dengan
menerapaka bacaan hukum tajwid idhar chalqi |
2.1 Menunjukkan perilaku gemar membaca
al-qur’an sebagai pengamalan hukum bacaan idhar chalqi |
1.2 Terbiasa
membaca al-Qur’an dengan
menerapaka bacaan hukum tajwid idham bighunnah |
2.2 Menunjukkan perilaku gemar membaca
al-qur’an sebagai pengamalan hukum bacaan idham bighunnah |
1.3 Terbiasa membaca al-Qur’an dengan
menerapaka bacaan hukum tajwid idham bila ghunnah |
2.3 Menunjukkan perilaku gemar membaca
al-qur’an sebagai pengamalan hukum bacaan idham bila ghunnah |
1.4 Terbiasa membaca al-Qur’an dengan
menerapaka bacaan hukum tajwid iklab |
2.4 Menunjukkan perilaku gemar membaca al-qur’an
sebagai pengamalan hukum bacaan iklab |
1.5 Terbiasa membaca al-Qur’an dengan
menerapaka bacaan hukum tajwid ikhfa’ |
2.5 Menunjukkan perilaku gemar membaca
al-qur’an sebagai pengamalan hukum bacaan ikhfa’ |
1.6 Terbiasa membaca al-Qur’an dengan
menerapaka bacaan hukum tajwid idhar syafawi |
2.6 Menunjukkan perilaku gemar membaca
al-qur’an sebagai pengamalan hukum bacaan idhar syafawi |
1.7 Terbiasa membaca al-Qur’an dengan
menerapaka bacaan hukum tajwid ikfa’ syafawi |
2.7 Menunjukkan perilaku gemar membaca al-qur’an
sebagai pengamalan hukum bacaan ikhfa’ syafawi |
1.8 Terbiasa membaca al-Qur’an dengan
menerapaka bacaan hukum tajwid idgham mimi |
2.8 Menunjukkan perilaku gemar membaca
al-qur’an sebagai pengamalan hukum bacaan idgham mimi |
1.9 Terbiasa membaca al-Qur’an dengan
menerapaka bacaan hukum tajwid ghunnah |
2.9 Menunjukkan perilaku gemar membaca al-qur’an sebagai pengamalan
hukum bacaan ghunnah |
1.10 Terbiasa membaca al-Qur’an dengan
menerapaka bacaan hukum tajwid idhar qomariyah |
2.10 Menunjukkan perilaku gemar membaca al-qur’an
sebagai pengamalan hukum bacaan idhar qomariyah |
1.11 Terbiasa membaca al-Qur’an dengan
menerapaka bacaan hukum tajwid idgham syamsiyah |
2.11 Menunjukkan perilaku gemar membaca al-qur’an sebagai
pengamalan hukum bacaan idgham syamsiyah |
KOMPETENSI
INTI 3 (PENGETAHUAN) |
KOMPETENSI
INTI 4 (KETERAMPILAN) |
3.
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah |
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan |
KOMPETENSI DASAR |
KOMPETENSI DASAR |
3.1 Menganalisis hukum bacaan tajwid pada Q.S. Al-Baqarah :30 dan
Al-Fathir : 39 sesuai dengan kaidah hukum bacaan idhar |
4.1.1 Membaca
Q.S. Al-Baqarah :30 dan
Al-Fathir : 39, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul
huruf 4.1.2 Menulis Q.S. Al-Baqarah :30 dan
Al-Fathir : 39, sesuai dengan kaidah cara penulisan arab |
2.1 Menganalisis hukum bacaan tajwid
pada Q.S. Al-Mu’minun 12-14 dan
Adz-Dzariyat: 56 sesuai dengan kaidah hukum bacaan idghom bighunnah |
4.2.1 Membaca Q.S. Al-Mu’minun 12-14 dan Adz-Dzariyat: 56, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul
huruf 4.2.2 Menulis Q.S. Al-Mu’minun 12-14
dan Adz-Dzariyat: 56, sesuai dengan kaidah cara penulisan arab |
3.3 Menganalisis hukum bacaan tajwid pada Q.S. Al-Jumu’ah : 9 -10. dan
Al-Qoriah 1-5 sesuai dengan kaidah hukum bacaan idghom bilagunnah |
4.3.1 Membaca Q.S. Al-Jumu’ah : 9 -10. dan Al-Qoriah 1-5, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul
huruf 4.3.2 Menulis Q Q.S. Al-Jumu’ah : 9
-10. dan Al-Qoriah 1-5, sesuai dengan kaidah cara penulisan arab |
3.4 Menganalisis hukum bacaan tajwid pada Q.S. An-Nisa’ 135 dan
Al-Isra’: 23 sesuai dengan kaidah hukum bacaan iklab |
4.4.1 Membaca Q.S. An-Nisa’ 135 dan Al-Isra’: 23, sesuai
dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf 4.4.2 Menulis Q.S. An-Nisa’ 135 dan
Al-Isra’: 23, sesuai
dengan kaidah cara penulisan arab |
3.5 Menganalisis hukum bacaan tajwid pada Q.S. An-Nisa’ : 22, 282, An-Nisa’ : 34 dan
At-Tahrim : 6 sesuai dengan kaidah hukum bacaan ikfa’ |
4.5.1 Membaca Q.S. An-Nisa’ : 22, 282, An-Nisa’ : 34 dan
At-Tahrim : 6, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul
huruf 4.5.2 Menulis Q.S. An-Nisa’ : 22,
282, An-Nisa’ : 34 dan At-Tahrim : 6, sesuai dengan kaidah cara penulisan arab |
3.6 Menganalisis hukum bacaan tajwid pada Q.S. Yunus 101 dan
Al-Baqarah 164 sesuai dengan kaidah hukum bacaan idhar syafawi |
4.6.1 Membaca Q.S. Yunus 101 dan Al-Baqarah 164, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul
huruf 4.6.2 Menulis Q.S. Yunus 101 dan
Al-Baqarah 164, sesuai dengan kaidah cara penulisan arab |
3.7 Menganalisis hukum bacaan tajwid pada Q.S. At-Taubah 51 Ali Imran
159 sesuai dengan kaidah hukum bacaan ikhfa’ syafawi |
4.7.1 Membaca Q.S. At-Taubah 51 Ali Imran 159, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul
huruf 4.7.2 Menulis Q.S. At-Taubah 51 Ali
Imran 159, sesuai
dengan kaidah cara penulisan arab |
3.8 Menganalisis
hukum bacaan tajwid pada Q.S. Al-Hujrat : 9 Al-Fath : 29 sesuai dengan kaidah hukum bacaan idghom
mimi |
4.8.1 Membaca Q.S. Al-Hujrat : 9 Al-Fath :
29, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul
huruf 4.8.2 Menulis Q.S. Al-Hujrat : 9
Al-Fath : 29, sesuai
dengan kaidah cara penulisan arab |
3.9 Menganalisis
hukum bacaan tajwid pada Q.S. Al-Baqarah : 109, An-Nisa’ : 142 dan Al-Mau’un : 1-7 sesuai dengan
kaidah hukum bacaan ghunnah |
4.9.1 Membaca Q.S. Al-Baqarah : 109,
An-Nisa’ : 142 dan Al-Mau’un : 1-7, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf 4.9.2 Menulis Q.S. Al-Baqarah : 109,
An-Nisa’ : 142 dan Al-Mau’un : 1-7, sesuai dengan kaidah cara penulisan arab |
3.10 Menganalisis
hukum bacaan tajwid pada Q.S. At-Taubah 60 dan At-Taubah 100-101 sesuai dengan kaidah hukum
bacaan idhar qomariyah |
4.10.1 Membaca Q.S. At-Taubah 60 dan At-Taubah 100-101, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul
huruf 4.10.2 Menulis Q.S. At-Taubah 60 dan
At-Taubah 100-101, sesuai dengan kaidah cara penulisan arab |
3.11 Menganalisis
hukum bacaan tajwid pada surat-surat pendek pilihan dalam al-qur’an sesuai dengan kaidah hukum
bacaan idghom syamsyah |
4.11.1 Membaca surat-surat pendek pilihan dalam al-qur’an, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul
huruf 4.11.2 Menulis surat-surat pendek
pilihan dalam al-qur’an, sesuai dengan kaidah cara penulisan arab |
KOMPETENSI
INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL) |
KOMPETENSI
INTI 2 (SIKAP SOSIAL) |
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya |
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia |
KOMPETENSI
DASAR |
KOMPETENSI
DASAR |
1.1 Terbiasa membaca al-Qur’an dengan
menerapaka bacaan hukum tajwid lam mufakhkhomah |
2.1 Menunjukkan perilaku gemar membaca
al-qur’an sebagai pengamalan hukum bacaan lam mufakhkhomah |
1.2 Terbiasa
membaca al-Qur’an dengan
menerapaka bacaan hukum tajwid lam muroqqoqoh |
2.2 Menunjukkan perilaku gemar membaca
al-qur’an sebagai pengamalan hukum bacaan lam muroqqoqoh |
1.3 Terbiasa membaca al-Qur’an dengan
menerapaka bacaan hukum tajwid ro’ mufakhkhomah |
2.3 Menunjukkan perilaku gemar membaca
al-qur’an sebagai pengamalan hukum bacaan ro’ mufakhkhomah |
1.4 Terbiasa membaca al-Qur’an dengan
menerapaka bacaan hukum tajwid ro’ muroqqoqoh |
2.4 Menunjukkan perilaku gemar membaca
al-qur’an sebagai pengamalan hukum bacaan ro’ muroqqoqoh |
1.5 Terbiasa membaca al-Qur’an dengan
menerapaka bacaan hukum tajwid ro’ mufakhkhomah |
2.5 Menunjukkan perilaku gemar membaca
al-qur’an sebagai pengamalan hukum bacaan ro’ mufakhkhomah |
1.6 Terbiasa membaca al-Qur’an dengan
menerapaka bacaan hukum tajwid lam sukun |
2.6 Menunjukkan perilaku gemar membaca
al-qur’an sebagai pengamalan hukum bacaan lam sukun |
1.7 Terbiasa membaca al-Qur’an dengan
menerapaka bacaan hukum tajwid qolqolah sugra |
2.7 Menunjukkan perilaku gemar membaca
al-qur’an sebagai pengamalan hukum bacaan qolqolah sugra |
1.8 Terbiasa membaca al-Qur’an dengan
menerapaka bacaan hukum tajwid qolqolah kubro |
2.8 Menunjukkan perilaku gemar membaca al-qur’an
sebagai pengamalan hukum bacaan qolqolah kubro |
1.9 Terbiasa membaca al-Qur’an dengan
menerapaka bacaan hukum tajwid qolqolah akbar |
2.9 Menunjukkan perilaku gemar membaca al-qur’an sebagai pengamalan
hukum bacaan qolqolah akbar |
1.10 Terbiasa membaca al-Qur’an dengan
menerapaka bacaan hukum tajwid syaktah |
2.10 Menunjukkan perilaku gemar membaca al-qur’an
sebagai pengamalan hukum bacaan syaktah |
1.11 Terbiasa membaca al-Qur’an dengan
menerapaka tanda waqof dalam al-qur’an |
2.11 Menunjukkan perilaku gemar membaca al-qur’an sebagai
pengamalan tanda waqof dalam al-qur’an |
KOMPETENSI
INTI 3 (PENGETAHUAN) |
KOMPETENSI
INTI 4 (KETERAMPILAN) |
3.
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah |
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan |
KOMPETENSI DASAR |
KOMPETENSI DASAR |
3.1 Menganalisis hukum bacaan tajwid pada Q.S. Al-Baqarah: 148 dan Fātir: 32 sesuai dengan
kaidah hukum bacaan lam mufakhkhomah |
4.1.1 Membaca
Q.S. Al-Baqarah: 148 dan
Fātir: 32, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul
huruf 4.1.2 Menulis Q.S. Al-Baqarah: 148 dan
Fātir: 32, sesuai dengan kaidah cara penulisan arab |
3.2 Menganalisis hukum bacaan tajwid pada Q.S. Al-Isrā’: 26–27 dan Surah Al-Baqarah: 177 sesuai
dengan kaidah hukum bacaan lam muroqqoqoh |
4.2.1 Membaca Q.S. Al-Isrā’: 26–27 dan Surah Al-Baqarah: 177, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul
huruf 4.2.2 Menulis Q.S. Al-Isrā’: 26–27
dan Surah Al-Baqarah: 177, sesuai dengan kaidah cara penulisan arab |
3.3 Menganalisis hukum bacaan tajwid pada Q.S Ali Imran 144, Al-Maidah
70, An –Nisa’, 136, 150-151 dan 164, Al-Baqarah 285, Al A’raf 6, Al-Mu’minun
44, Yunus 47, Al-Mu’minun 78 dan Al-Anfal 24 sesuai dengan kaidah hukum
bacaan ro’
mufakhkhomah |
4.3.1 Membaca Q.S Ali Imran 144, Al-Maidah 70, An –Nisa’, 136,
150-151 dan 164, Al-Baqarah 285, Al A’raf 6, Al-Mu’minun 44, Yunus 47,
Al-Mu’minun 78 dan Al-Anfal 24, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf 4.3.2 Menulis Q.S Ali Imran 144,
Al-Maidah 70, An –Nisa’, 136, 150-151 dan 164, Al-Baqarah 285, Al A’raf 6,
Al-Mu’minun 44, Yunus 47, Al-Mu’minun 78 dan Al-Anfal 24, sesuai
dengan kaidah cara penulisan arab |
3.4 Menganalisis hukum bacaan tajwid pada Q.S. An-Nisa’ 17-18, Al
Furqan 71, At-Tahrim 8, Yusuf 86-87 dan Al-A’raf 56sesuai dengan kaidah hukum
bacaan ro’
muroqqoqoh |
4.4.1 Membaca Q.S. An-Nisa’ 17-18, Al Furqan 71, At-Tahrim 8,
Yusuf 86-87 dan Al-A’raf 56, sesuai
dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf 4.4.2 Menulis Q.S. An-Nisa’ 17-18, Al
Furqan 71, At-Tahrim 8, Yusuf 86-87 dan Al-A’raf 56, sesuai dengan kaidah cara
penulisan arab |
3.5 Menganalisis hukum bacaan tajwid pada Q.S. Al-Baqarah 275, 282, Ali Imran 130-132 Dan
An-Nisa’ 29-31sesuai dengan kaidah hukum bacaan ro’
mufakhkhomah |
4.5.1 Membaca Q.S. Al-Baqarah 275, 282, Ali Imran 130-132 Dan
An-Nisa’ 29-31, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul
huruf 4.5.2 Menulis Q.S. Al-Baqarah 275,
282, Ali Imran 130-132 Dan An-Nisa’ 29-31, sesuai dengan kaidah cara
penulisan arab |
3.6 Menganalisis hukum bacaan tajwid pada Q.S. Al-Baqarah 143, Ali Imran 104, 110, dan Al-‘Araf 180-182sesuai
dengan kaidah hukum bacaan lam sukun |
4.6.1 Membaca Q.S. Al-Baqarah 143, Ali Imran 104, 110, dan
Al-‘Araf 180-182, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul
huruf 4.6.2 Menulis Q.S. Al-Baqarah 143,
Ali Imran 104, 110, dan Al-‘Araf 180-182, sesuai dengan kaidah cara
penulisan arab |
3.7 Menganalisis hukum bacaan tajwid pada Q.S. Ar-Rūm: 41–42, Surah
Al-‘Araf: 56–58, dan Surah Sād: 27
sesuai dengan kaidah hukum bacaan qolqolah sugra |
4.7.1 Membaca Q.S. Ar-Rūm: 41–42, Surah Al-‘Araf: 56–58,
dan Surah Sād: 27, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul
huruf 4.7.2 Menulis Q.S. Ar-Rūm: 41–42,
Surah Al-‘Araf: 56–58, dan Surah Sād:
27, sesuai
dengan kaidah cara penulisan arab |
3.8 Menganalisis
hukum bacaan tajwid pada Q.S. Al-Maidah 48, Al-An’am 92,
An-Nisa’ 136 dan Ali Imran 19sesuai dengan kaidah hukum bacaan qolqolah
kubro |
4.8.1 Membaca Q.S. Al-Maidah 48, Al-An’am
92, An-Nisa’ 136 dan Ali Imran 19, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul
huruf 4.8.2 Menulis Q.S. Al-Maidah 48,
Al-An’am 92, An-Nisa’ 136 dan Ali
Imran 19, sesuai
dengan kaidah cara penulisan arab |
3.9 Menganalisis
hukum bacaan tajwid pada Q.S Al-Mu’minun 62, Al-An’am 160, Az Zumar 39sesuai dengan kaidah hukum
bacaan qolqolah akbar |
4.9.1 Membaca Q.S Al-Mu’minun 62, Al-An’am
160, Az Zumar 39, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul
huruf 4.9.2 Menulis Q.S Al-Mu’minun 62,
Al-An’am 160, Az Zumar 39, sesuai dengan kaidah cara penulisan arab |
3.10 Menganalisis
hukum bacaan tajwid pada Q.S. An-Nisa’ 48, Luqman 13, Al-An’an 88, 151, Az-Zumar 32, 59-60, Hud
18, Ali Imran 21, dan Al-Isra’ 31-38 sesuai dengan kaidah hukum bacaan syaktah |
4.10.1 Membaca Q.S. An-Nisa’ 48, Luqman 13, Al-An’an 88, 151,
Az-Zumar 32, 59-60, Hud 18, Ali Imran 21, dan Al-Isra’ 31-38, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul
huruf 4.10.2 Menulis Q.S. An-Nisa’ 48,
Luqman 13, Al-An’an 88, 151, Az-Zumar 32, 59-60, Hud 18, Ali Imran 21, dan
Al-Isra’ 31-38, sesuai dengan kaidah cara penulisan arab |
3.11 Menganalisis hukum bacaan
tajwid pada Q.S. An-Nahl 125 dan
Al-Jumuah 9-11 sesuai dengan kaidah hukum bacaan waqof didalam al-qur’an |
4.11.1 Membaca Q.S. An-Nahl 125 dan Al-Jumuah 9-11, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul
huruf 4.11.2 Menulis Q.S. An-Nahl 125 dan
Al-Jumuah 9-11, sesuai dengan kaidah cara penulisan arab |
KOMPETENSI
INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL) |
KOMPETENSI
INTI 2 (SIKAP SOSIAL) |
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya |
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia |
KOMPETENSI
DASAR |
KOMPETENSI
DASAR |
1.1 Terbiasa membaca al-Qur’an dengan
menerapaka bacaan hukum tajwid mad thobi’i |
2.1 Menunjukkan perilaku gemar membaca
al-qur’an sebagai pengamalan hukum bacaan mad thobi’i |
1.2 Terbiasa
membaca al-Qur’an dengan
menerapaka bacaan hukum tajwid mad majib muttashil dan mad jaiz munfashil |
2.2 Menunjukkan perilaku gemar membaca
al-qur’an sebagai pengamalan hukum bacaan mad majib muttashil dan mad jaiz
munfashil |
1.3 Terbiasa membaca al-Qur’an dengan
menerapaka bacaan hukum tajwid mad lazim mutsaqqol dan mad lazin mukhoffaf
kilmi |
2.3 Menunjukkan perilaku gemar membaca
al-qur’an sebagai pengamalan hukum mad lazim mutsaqqol dan mad lazin
mukhoffaf kilmi |
1.4 Terbiasa membaca al-Qur’an dengan
menerapaka bacaan hukum tajwid mad lein |
2.4 Menunjukkan perilaku gemar membaca
al-qur’an sebagai pengamalan hukum bacaan mad lein |
1.5 Terbiasa membaca al-Qur’an dengan
menerapaka bacaan hukum tajwid mad aridl lissukun |
2.5 Menunjukkan perilaku gemar membaca
al-qur’an sebagai pengamalan hukum bacaan mad aridl lissukun |
1.6 Terbiasa membaca al-Qur’an dengan
menerapaka bacaan hukum tajwid mad shillah qoshirah dan mad shilah thowilah |
2.6 Menunjukkan perilaku gemar membaca
al-qur’an sebagai pengamalan hukum bacaan mad shillah qoshirah dan mad shilah
thowilah |
1.7 Terbiasa membaca al-Qur’an dengan
menerapaka bacaan hukum tajwid mad iwadl |
2.7 Menunjukkan perilaku gemar membaca
al-qur’an sebagai pengamalan hukum bacaan mad iwadl |
1.8 Terbiasa membaca al-Qur’an dengan
menerapaka bacaan hukum tajwid mad badal |
2.8 Menunjukkan perilaku gemar membaca
al-qur’an sebagai pengamalan hukum bacaan mad badal |
1.9 Terbiasa membaca al-Qur’an dengan
menerapaka bacaan hukum tajwid mad lazim charfi mukhoffaf dan mad lazim
charfi mutsaqqol |
2.9 Menunjukkan perilaku gemar membaca al-qur’an sebagai pengamalan
hukum tajwid mad lazim charfi mukhoffaf dan mad lazim charfi mutsaqqol |
1.10 Terbiasa membaca al-Qur’an dengan
menerapaka bacaan hukum tajwid mad lazim musyabba’ |
2.10 Menunjukkan perilaku gemar membaca al-qur’an
sebagai pengamalan hukum bacaan mad lazim musyabba’ |
1.11 Terbiasa membaca al-Qur’an dengan
menerapaka hukum bacaan tajwid isymam dan imalah |
2.11 Menunjukkan perilaku gemar membaca al-qur’an sebagai
pengamalan isymam dan imalah |
KOMPETENSI
INTI 3 (PENGETAHUAN) |
KOMPETENSI
INTI 4 (KETERAMPILAN) |
3.
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah |
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan |
KOMPETENSI DASAR |
KOMPETENSI DASAR |
3.1 Menganalisis hukum bacaan tajwid pada Q.S. Al-Kafirun: 1-6 dan Yunus: 40-41 sesuai
dengan kaidah hukum bacaan mad thobi’i |
4.1.1 Membaca
Q.S. Al-Kafirun: 1-6 dan
Yunus: 40-41, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul
huruf 4.1.2 Menulis Q.S. Al-Kafirun: 1-6 dan
Yunus: 40-41, sesuai dengan kaidah cara penulisan arab |
3.2 Menganalisis hukum bacaan tajwid pada Q.S. Al-Kahfi: 29 dan
Al-Mujadilah: 11 sesuai dengan kaidah hukum bacaan mad majib muttashil dan mad jaiz
munfashil |
4.2.1 Membaca
Q.S. Al-Kahfi: 29 dan
Al-Mujadilah: 11, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul
huruf 4.2.2 Menulis Q.S. Al-Kahfi: 29 dan
Al-Mujadilah: 11, sesuai dengan kaidah cara penulisan arab |
3.3 Menganalisis hukum bacaan tajwid pada Q.S. Al-Jumu’ah : 9 -10. dan
Al-Qoriah 1-5sesuai dengan kaidah hukum bacaan mad lazim mutsaqqol dan mad lazin mukhoffaf kilmi |
4.3.1 Membaca Q.S. Al-Jumu’ah : 9 -10. dan Al-Qoriah 1-5, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul
huruf 4.3.2 Menulis Q.S. Al-Jumu’ah : 9
-10. dan Al-Qoriah 1-5, sesuai dengan kaidah cara penulisan arab |
3.4 Menganalisis hukum bacaan tajwid pada Q.S. An-Nisa’ 135 dan
Al-Isra’: 23 sesuai dengan kaidah hukum bacaan mad lien |
4.4.1 Membaca Q.S. An-Nisa’ 135 dan Al-Isra’: 23, sesuai
dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf 4.4.2 Menulis Q.S. An-Nisa’ 135 dan
Al-Isra’: 23, sesuai
dengan kaidah cara penulisan arab |
3.5 Menganalisis hukum bacaan tajwid pada Q Q.S. An-Nisa’ : 22, 282, An-Nisa’ : 34 dan
At-Tahrim : 6 sesuai dengan kaidah hukum bacaan mad arid
lissukun |
4.5.1 Membaca Q.S. An-Nisa’ : 22, 282, An-Nisa’ : 34 dan
At-Tahrim : 6, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul
huruf 4.5.2 Menulis Q.S. An-Nisa’ : 22,
282, An-Nisa’ : 34 dan At-Tahrim : 6, sesuai dengan kaidah cara penulisan arab |
3.6 Menganalisis hukum bacaan tajwid pada Q.S. Yunus 101 dan Al-Baqarah 164, dan Al-‘Araf 180-182sesuai dengan
kaidah hukum bacaan mad shillah qoshirah dan mad shilah thowilah |
4.6.1 Membaca Q.S. Yunus 101 dan Al-Baqarah 164, dan Al-‘Araf
180-182, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul
huruf 4.6.2 Menulis Q.S. Yunus 101 dan
Al-Baqarah 164, dan Al-‘Araf 180-182, sesuai dengan kaidah cara penulisan arab |
3.7 Menganalisis hukum bacaan tajwid pada Q.S. At-Taubah 51 Ali Imran
159 sesuai dengan kaidah hukum bacaan mad iwadl |
4.7.1 Membaca Q.S. At-Taubah 51 Ali Imran 159, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul
huruf 4.7.2 Menulis Q.S. At-Taubah 51 Ali Imran
159, sesuai
dengan kaidah cara penulisan arab |
3.8 Menganalisis
hukum bacaan tajwid pada Q.S. Al-Hujrat : 9 Al-Fath : 29 sesuai dengan kaidah hukum bacaan mad
badal |
4.8.1 Membaca Q.S. Al-Hujrat : 9 Al-Fath :
29, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul
huruf 4.8.2 Menulis Q.S. Al-Hujrat : 9
Al-Fath : 29, sesuai
dengan kaidah cara penulisan arab |
3.9 Menganalisis
hukum bacaan tajwid pada Q.S. Al-Hujrat : 12 dan An-Nisa’ 7, Az Zumar 39sesuai dengan kaidah hukum
bacaan mad lazim
charfi mukhoffaf dan mad lazim charfi mutsaqqol |
4.9.1 Membaca Q.S. Al-Hujrat : 12 dan
An-Nisa’ 7, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul
huruf 4.9.2 Menulis Q.S. Al-Hujrat : 12 dan
An-Nisa’ 7, sesuai
dengan kaidah cara penulisan arab |
3.10 Menganalisis
hukum bacaan tajwid pada Q.S. Al-Isra’ 26-27 dan Al-Hujrat 6 sesuai dengan kaidah hukum bacaan mad lazim
musyabba’ |
4.10.1 Membaca Q.S. Al-Isra’ 26-27 dan Al-Hujrat 6, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul
huruf 4.10.2 Menulis Q.S. Al-Isra’ 26-27 dan
Al-Hujrat 6, sesuai
dengan kaidah cara penulisan arab |
3.11 Menganalisis
hukum bacaan tajwid pada surat-surat pendek pilihan dalam al-qur’an sesuai dengan kaidah hukum
bacaan isymam dan imalah |
4.11.1 Membaca pada surat-surat pendek pilihan dalam al-qur’an, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul
huruf 4.11.2 pada surat-surat pendek
pilihan dalam al-qur’an, sesuai dengan kaidah cara penulisan arab |
RASIONALISASI pada:
1.
Kelas X KD 2.1, 3.1,
4.1.1, 4.1.2, 4.1.3 belum dimunculkan QS al Anfal : 72 tentang Mujahadah An
Nafs (Mengontrol Diri)
2.
Kelas X KD 3.9
(analisis hikmah) dan 4.9 (simulasi ibadah) tidak match
3.
Kelas XI KD 4.7,
4.8 diganti dengan menyimulasikan karena diharapkan siswa bukan sekedar
mempresentasikan namun sampai pada tahap mempraktekkan
4.
Kelas XI KD 3.9,
3.10, 3.11 Kata menelaah diganti dengan menganalisis karena tingkatan analisis
lebih tinggi daripada sekedar menelaah
5.
Kelas XII KD 4.5
diganti dengan menyajikan kaitan karena diharapkan siswa bukan hanya mengaitkan
dalam ranah abstrak namun sampai pada ranah konkret yaitu menyajikan secara
komunikatif hasil penalara
No comments:
Post a Comment