RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMK
KRIAN 1 SIDOARJO
Mata
Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester :
X / Ganjil
Materi
Pokok : Meniti
Hidup dengan Kemuliaan
Alokasi
Waktu :
135 Menit
A. Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan
dapat:
1.
Terbiasa membaca al-Qur’an dengan meyakini
bahwa kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan
persaudaraan (ukhuwah) adalah perintah agama.
2.
Menunjukkan perilaku kontrol diri (mujahadah
an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah) sebagai
implementasi perintah Q.S. al- Hujurat/49: 10 dan 12 serta Hadis terkait.
3.
Menganalisis Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12
serta Hadis tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik
(husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah).
4.
Mendemonstrasikan hafalan Q.S. al-Hujurat/ 49:
10 dan 12 dengan fasih dan lancar.
B. Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
Media : Worksheet atau lembar kerja (siswa), Lembar penilaian, Al-Qur’an\
Alat/Bahan : Spidol, papan tulis, Laptop & infocus
Sumber
Belajar : Buku Pendidikan Agama Islam Siswa
Kelas X, Kemendikbud, Tahun 2016
C. Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit) |
|
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai
pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin |
|
Menjelaskan
hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode
belajar yang akan ditempuh, |
|
Kegiatan Inti ( 105 Menit ) |
|
Kegiatan
Literasi |
Peserta
didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan
menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait
materi Membaca Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12 serta hadits terkait. |
Critical
Thinking |
Guru
memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum
dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Membaca
Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12 serta hadits terkait. |
Collaboration |
Peserta
didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan
informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi
mengenai Membaca Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12 serta hadits
terkait. |
Communication |
Peserta
didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal,
mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi
kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan |
Creativity |
Guru
dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari
terkait Membaca Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12 serta hadits
terkait. Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk
menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami |
Kegiatan Penutup (15 Menit) |
|
Peserta
didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan. |
|
Guru
membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan. |
D. Penilaian Hasil Pembelajaran
1. Penilaian Skala Sikap
2. Penilaian “Membaca dengan Tartil”
3. Penilaian Diskusi
……….............……..,...
Juli 20...
Mengetahui
Kepala Sekolah
…………. Guru
Mata Pelajaran
…………………………………… …………………………………….
No comments:
Post a Comment