Monday, June 15, 2020

CONTOH FORMAT TERBARU : RPP 1 LEMBAR PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMK KELAS X

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah                               : SMK KRIAN 1 SIDOARJO

Mata Pelajaran                    : Pendidikan Agama Islam

Kelas/Semester                   : X / Ganjil

Materi Pokok                       : Meniti Hidup dengan Kemuliaan

Alokasi Waktu                     : 135 Menit

 

A.    Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:

1.       Terbiasa membaca al-Qur’an dengan meyakini bahwa kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah) adalah perintah agama.

2.       Menunjukkan perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah) sebagai implementasi perintah Q.S. al- Hujurat/49: 10 dan 12 serta Hadis terkait.

3.       Menganalisis Q.S. al-Hujurat/49: 10 dan 12 serta Hadis tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah).

4.       Mendemonstrasikan hafalan Q.S. al-Hujurat/ 49: 10 dan 12 dengan fasih dan lancar.

 

B.    Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar

Media                 : Worksheet atau lembar kerja (siswa), Lembar penilaian, Al-Qur’an\

Alat/Bahan         : Spidol, papan tulis, Laptop & infocus

Sumber Belajar  : Buku Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X, Kemendikbud, Tahun 2016

 

C.    Langkah-Langkah Pembelajaran

Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)

Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh,

Kegiatan Inti ( 105 Menit )

Kegiatan Literasi

Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Membaca Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12 serta hadits terkait.

Critical Thinking

Guru memberikan kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Membaca Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12 serta hadits terkait.

Collaboration

Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Membaca Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12 serta hadits terkait.

Communication

Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan

Creativity

Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Membaca Q.S. Al-Hujurat/49: 10 dan 12 serta hadits terkait. Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami

Kegiatan Penutup (15 Menit)

Peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.

D.     Penilaian Hasil Pembelajaran

1.  Penilaian Skala Sikap

2.  Penilaian “Membaca dengan Tartil”

3.  Penilaian Diskusi

                                                                                                                         ……….............……..,... Juli 20...

 

Mengetahui

Kepala Sekolah ………….                                                                      Guru Mata Pelajaran

 

 

 

……………………………………                                                          …………………………………….


No comments: