Wednesday, February 4, 2015

CONTOH RPP PAI K-13




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan      :  SMK Krian 1 Sidoarjo
Mata Pelajaran            :  Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/ Semester          :  XI/ Gasal
Materi Pokok              :  Sikap toleran, rukun, dan menghindarkan diri dari tidak kekerasan
Alokasi Waktu            :  3 x 45’

A.    Kompetensi Inti:
KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2
:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
:
Memahami menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban yang terkait dengan fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan prosedural pada kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4
:
Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan bertindak  secara mandiri dan kreatif serta mampu menggunakan metoda sesuai dengan kaidah keilmuan.
B.       Kompetensi Dasar
2.4.  Menunjukkan sikap toleran, rukun dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32, serta hadits terkait
3. 6. Memahami makna toleransi dan kerukunan
4. 3. Membaca Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf
4.4.  Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32 dengan lancar
4. 8. Menampilkan contoh perilaku toleransi dan kerukunan

C.      Indikator Pencapaian Kompetensi
1.      Menjelaskan makna toleransi dan kerukunan
2.           Membaca QS Yunus : 40-41; QS. Al Maidah : 32
3.           Menjelaskan hukum bacaan tajwid QS Yunus : 40-41; QS. Al Maidah : 32
4.           Menjelaskan arti QS Yunus : 40-41; QS. Al Maidah : 32
5.           Menjelaskan kandungan QS Yunus : 40-41; QS. Al Maidah : 32, dikaitkan dengan ajaran tentang toleransi dan kerukunan
6.           Mendemonstrasikan hafalan QS Yunus : 40-41; QS. Al Maidah : 32
7.      Menunjukkan contoh perilaku toleran dan kerukunan dalam kehidupan sehari-hari

D.  Tujuan Pembelajaran
1.        Menjelaskan makna toleransi dan kerukunan
2.        Membaca QS Yunus : 40-41; QS. Al Maidah : 32
3.        Menjelaskan hukum bacaan tajwid QS Yunus : 40-41; QS. Al Maidah : 32
4.        Menjelaskan arti per kata QS Yunus : 40-41; QS. Al Maidah : 32
5.        Menjelaskan kandungan QS Yunus : 40-41; QS. Al Maidah : 32, dikaitkan dengan ajaran tentang toleransi dan kerukunan
6.        Mendemonstrasikan hafalan QS Yunus : 40-41; QS. Al Maidah : 32
7.        Menjelaskan ayat yang mengajarkan tentang toleransi dan kerukunan
8.        Menunjukkan contoh perilaku toleran dan kerukunan dalam kehidupan sehari-hari
E.  Materi Pembelajaran
1.           Toleransi dan kerukunan
a.       Pengertian toleransi dan kerukunan
b.      Dampak toleransi dan kerukunan dalam kehidupan masyarakat
2.           QS. Yunus : 40 – 41; QS. Al Maidah : 32
a.       Arti QS. Yunus : 40 – 41 dan QS. Al-Maidah : 32
b.      Kandungan QS. Yunus : 40 – 41 dan QS. Al-Maidah : 32

F.     Metode Pembelajaran
1.    Pendekatan                 : Saintifik
2.    Metode                        : Diskusi, Drill, Card Short, Inquiry, Penugasan
G. Media, Alat Dan Sumber Belajar
1.    Media
a.    Laptop, LCD
b.    Tulisan QS. Al-Furqan : 63 dan Al-Isra’ :27
c.    Kartu potongan ayat dan arti
2.    Alat
a.  Gunting
b. Lem
c.  Kertas BC
3. Sumber Belajar
a.  Al-Qur’an dan Terjemahnya, Jakarta: 2005, Departemen Agama RI
b.  Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA/MA Kelas XI/ Buku Siswa . Jakarta: 2014, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
c.  Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA/MA Kelas XI/Buku Guru. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
H.  Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran     
·      Pertemuan pertama:
1.    Pendahuluan (10 menit)
a.    Membuka pembelajaran dengan dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat.
b.    Membaca al Qur’an surah pilihan secara  bersama-sama.
c.    Guru memeriksa kesiapan peserta didik dengan memeriksa kehadiran, kerapihan pakaian, tempat duduk dan melakukan game kecil atau mengajak bernyanyi.
d.   Memberikan motivasi tentang indahnya toleransi dan kerukunan.
e.    Memberi informasi KI / K.D., indikator, dan tujuan pembelajaran.
f.     Guru mengkondisikan peserta didik dalam beberapa kelompok yang terdiri dari 5 siswa
g.    Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran.
2. Kegiatan Inti (115 menit)
a.  Mengamati
1)   Peserta didik memperhatikan tayangan video tentang kerusuhan
2)   Peserta didik memperhatikan tayangan gambar yang menunjukkan tentang toleransi dan kerukunan
b.  Menanya
1)      Peserta didik bertanya tentang apa yang terjadi pada tayangan video maupun gambar
2)      Peserta didik bertanya tentang apa yang menjadi penyebab dari kedua kejadian tersebut
c.   Eksplorasi (mencoba/mencari informasi)
1)   Peserta didik dalam kelompok kecilnya berdiskusi tentang faktor-faktor penyebab kerusuhan yang terjadi pada tayangan video sebelumnya
2)   Peserta didik dalam kelompok kecilnya berdiskusi tentang tayangan kedua yang menggambarkan kehidupan yang rukun dari kelompok masyarakat yang berbeda keyakinan



d. Mengasosiasi/menalar
1)   Peserta didik dalam kelompoknya mengidentifikasi faktor-faktor yang menjadi sebab kerukunan dalam masyarakat
2)   Peserta didik dalam kelompok kecilnya berdiskusi tentang upaya-upaya yang bisa dilakukan dalam membangun kerukunan hidup bermasyarakat dan menghindarkan kekerasan
e.  Mengkomunikasi
1)   Peserta didik menuliskan hasil diskusi kelompoknya pada selembar kertas BC dan menmpelkannya pada dinding kelas
2)   Peserta didik secara bergantian mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya di depan teman-teman sekelasnya
3)   Secara bergantian masing-masing kelompok memberikan tanggapan terhadap apa yang dipresentasikan
3. Penutup (15 menit)
a.    Guru dan peserta didik melaksanakan refleksi dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
b.    Memberikan penguatan terhadap pokok pelajaran yang bisa diambil dari pembelajaran hari ini.
c.    Merencanakan kegiatan tindak lanjut.
d.   Menyampaikan inti kegiatan untuk pembelajaran berikutnya yaitu membahas ayat Al-Qur’an yang mengajarkan tentang toleransi dan kerukunan
e.    Guru bersama-sama peserta didik menutup pelajaran dengan berdoa.
·         Pertemuan Kedua ........
I.     Penilaian
1.    Sikap Spiritual
a.    Teknik Penilaian                    : Non Tes (Observasi)
b.    Bentuk Instrumen                  : Lembar Pengamatan
c.    Kisi-kisi & Instrumen            : Terlampir

2.    Sikap sosial
a.    Teknik Penilaian                    : Non Tes (Observasi)
b.    Bentuk Instrumen                  : Lembar Pengamatan
c.    Kisi-kisi & Instrumen            : Terlampir

3.    Pengetahuan
                  a.     Teknik Penilaian                   : Tes
                  b.      Bentuk Instrumen                :  Pilihan Ganda dan Uraian
                  c.      Kisi-kisi &Instrumen                       : Terlampir

4.    Keterampilan
a.    Teknik Penilaian                   : Praktek
b.    Bentuk Instrumen                 : Unjuk kerja
c.    Kisi-kisi & instrumen            : Terlampir

                                                                                    Malang, 13 Juni 2013.
Mengetahui                                                                 Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah,                                                          PAI dan Budi Pekerti


______________________                                        ……………………………………
NIP. ...                                                                                    NIP.